Isi Masa Sidang Pertama 2024, Anggota DPRD Padang Reses ke Dapil Masing-Masing

 

PADANG, mimbarsumbar.id – Dalam rangka mengisi masa sidang pertama tahun 2024, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang kembali melakukan reses guna menyerap aspirasi masyarakat di dapil masing-masing. Reses berlangsung mulai Kamis 4 Januari sampai Senin, 8 Januari 2024.

Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani, mengatakan reses adalah untuk menjalin silaturahmi sekaligus mendengarkan aspirasi masyarakat yang nantinya akan diadvokasi oleh anggota dewan di DPRD Kota Padang.

“Reses ini sangat penting, karena selama reses kita dapat bersilaturahmi dan mendengarkan aspirasi masyarakat yang telah memilih kita,” ujar Syafrial Kani.

Melalui kegiatan reses ini, baik pimpinan maupun anggota DPRD Kota Padang mengajak partisipasi masyarakat untuk mendukung program pembangunan.

“Kami juga ingin memberitahu masyarakat tentang capaian DPRD dalam mengawal pelaksanaan pembangunan di Kota Padang, baik dalam hal penganggaran, pembuatan produk legislasi, maupun pengawasan pembangunan itu sendiri,” tambahnya.

Syafrial Kani, sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Padang II, Kuranji-Pauh, menjalankan reses di beberapa tempat, antara lain di Mushola Teladan di Ampang Karang Ganting, Kecamatan Kuranji pada Jumat, 5 Januari 2024, pukul 20.00 WIB.

Reses berlanjut di lapangan Sasaran Silat Kubu Durian Tapian Suku Koto Nan Batujuh Kenagarian Pauh IX pada Sabtu, 6 Januari 2024, pukul 20.00 WIB, dan di belakang komplek Permata Berlian Sungai Sapih pada Minggu, 7 Januari 2024, pukul 09.00 WIB.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Arnedi Yarmen, melaksanakan reses pada Senin di Gedung Balatkop pukul 13.00 WIB, dihadiri oleh 100 orang warga. Arnedi Yarmen juga melakukan reses di RT 009 RW 002 Durian Ratus Kurao Pagang pada pukul 16.00 – 17.30 WIB dengan 70 peserta.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Amril Amin, bersilaturahmi dan mendengarkan aspirasi masyarakat melalui reses di depan Masjid Al Mukhlisin di Perum Villa Mega RW 12 RT 02 Kelurahan Mata Air Kecamatan Padang Selatan pada Kamis, 4 Januari 2024, diikuti oleh 350 orang warga.

Reses berlanjut di Lapangan Volly Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Padang Selatan pada Sabtu, 6 Januari 2024, dengan sekitar 300 peserta. Reses ketiga dilaksanakan pada Senin, 8 Januari 2024, di Perumahan Aciak Mart, Jalan Cempaka No. 1 RT. 004/RW. 011 Kelurahan Mata Air Kecamatan Padang Selatan, dihadiri oleh 300 orang.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Ilham Maulana, menyelenggarakan reses pertama di Kelurahan Jati Baru dengan 150 peserta. Pada hari kedua, reses dilakukan di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah dengan 150 peserta, dan di Kelurahan Parak Karakah dengan jumlah peserta 150 orang.

Pada hari ketiga, reses diadakan di Kelurahan Batang Arau dengan 200 peserta, dan pada hari keempat di Kelurahan Seberang Padang dengan 100 peserta.

Dalam setiap sesi reses, masyarakat menyampaikan berbagai aspirasi, termasuk permintaan bantuan sosial, dukungan untuk bantuan modal bagi pelaku usaha kecil dan menengah, serta keluhan terkait kondisi fisik pembangunan seperti jalan, jembatan, dan irigasi di daerah mereka.

 

Keluhan juga disampaikan mengenai masalah banjir yang sering melanda wilayah mereka saat hujan mengguyur Kota Padang. Aspirasi yang disampaikan oleh warga akan menjadi bahan masukan dan catatan bagi anggota dewan dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Padang.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Padang, Hendrizal Azhar, menyatakan bahwa pelaksanaan reses sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan oleh Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Padang. Biaya reses akan ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang.

“Reses ini diikuti oleh pimpinan dan anggota dewan, dengan lokasi reses di daerah pemilihan masing-masing anggota dewan, sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan,” jelasnya. (ms/adv/ald)