IWO Sumbar Berbuka Bersama, HM Nurnas: Perkokoh Jiwa Korsa Sesama Wartawan

Padang, Mimbar — Penasehat Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar yang juga Anggota DPRD Sumbar HM Nurnas berpesan agar sesama wartawan untuk selalu memperkokoh jiwa korsa.

Pesan itu disampaikan HM Nurnas yang juga Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar itu saat berbuka puasa organisasi yang diketuai oleh Khadafi Azwar ini di GOR H Agus Salim Padang, Minggu (2/4/2021).

Diskusi usai berbuka sambil menikmati kopi yang disajikan Sekrretaris IWO Sumbar Wan Teha Sikumbang ini, berjalan cair dan mengarah pada marwah dan korsa wartawan. Alhasil, celetukan soal lezatnya gulai lauak pukek dan kalio jariang, jadi terabaikan.

“Jangan lemah. Perkokoh korsa sesama wartawan Sumbar, karena kekuatan keempat demokrasi itu adalah pers. Ketika wartawan tidak berkorsa maka ini akan memperlemah profesioanalisme pers di Sumbar,” pesan HM Nurnas dari Fraksi Partai Demokrat.

Baca Juga:  Tokoh Muda Minang, Yuliandre Darwis Rilis Acara "Interaksi" di Channel Youtube

HM Nurnas mengakui IWO sebagai tempat berhimpunnya berbagai wartawan online jangan pernah menggadaikan fungsi-fungsi pers.

“Katakan berita benar itu benar, berita kritikan ya kritikan dengan tetap sampaikan solusinya,” ujar Nurnas.

Pemred Padang Ekspres Revdi Iwan Syahputra mengatakan selagi wartawan bekerja sesuai kode etik dan pagar api dalam pemberitaan, tetap harus dihargai.

‘Yang menghargai profesi kita adalah kita, selagi wartawan digaris kerjanya, harus kita hargai dan jaga selalu,” ujar Ope biasa Pemred Padeks ini disapa.

Ketua IWO Sumbar Khadafi Azwar menegaskan bahwa IWO punya kekuatan membangun pencitraan kinerja siapa saja.

Baca Juga:  Sempurna dan Sesuai yang Diidamkan, Mulyadi-Ali Mukhni Dapat Nomor Urut Satu

“Tapi penyajian berita tetap harus kuat dalam kritikan karena pers harus berpihak kepada kehendak rakyat,” ujar Khadafi, sang owner kliksiar.com.

Rakhmatul Akbar juga menekankan bahwa pemberitaan harus tetap mengedepankan nilai bela rakyat.

“Pers rilis pejabat boleh saja menjadi sumber tapi jangan membuat kegalauan publik, apalagi rilis dan fakta tak sesuai,” ujar Camaik biasa di sapa elite di Sumbar.

Sedangan Novrianto mengajak pers untuk bekerja sesuai koridor yang ada.

“Pedomani saja UU Pers dan Kode Etik Jurnalis, maka berita apa saja pasti dibaca netizen,” ujar Novrianto.

Buka puasa IWO berakhir dengan ajang sharing kerja jurnalis. Dan buka puasa bersama IWO Sumbar itu adalah rutinitas tahunan. (ms/rls/ald)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.