Apakah Sinyal, Jokowi Bakal Cawapreskan Chairul Tanjung?

CEO Transcorp Dony Oskaria sambut Presiden Jokowi saat kunjungi Transmart Yasmin Bogor, Senin 18/6 (foto: dok)

 

Bogor, Mimbar –Mengisi waktu liburan Lebaran hari ketiga, Presiden Joko Widodo bersama anak dan cucu kunjungi Transmart Bogor.

Bahkan saat sampai ke Transmart Bogor, Jokowi disambut meriah warga yang sudah meluber isi waktu liburan di Transmart itu, termasuk orang kepercayaan pemilik Transmart Chairul Tanjung, Dony Oskaria.

“Selamat datang ke Transmart Pak Presiden,”sapa sambutan Dony Oskaria ke RI 1, Senin 18/6.

“Salam ke Pak CT (Chairul Tanjung) pak Dony,” ujar Presiden sebagaimana disampaikan Dony Oskaria yang juga Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN)

Presiden dan keluarga larut di Transmart bersama anak dan cucu serta warga masyarakat, Presiden pun mencoba berbagai wahana di Trasnmart termasuk main basket.

Kehadiran Jokowi ke Transmart mengundang pendapat banyak kalangan, apalagi owner Transmart termasuk disebut-sebut masuk bursa Capresnya Jokowi pada Pilpres 2019.

Menarik analisa dari Pakar Komunikasi dan Kebijakan Publik dan Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Yuliandre Darwis.

Baca Juga:  Kementerian PUPR Luncurkan Buku Sejarah dan Kamus Istilah Perumahan

Menurutnya, dari sudut komunikasi, khususnya komunikasi politik merupakan setiap penyampaian pesan yang disusun secara sengaja untuk mendapatkan pengaruh atas penyebaran atau penggunaan power di dalam masyarakat yang di dalamnya mengandung empat bentuk komunikasi.

“Yakni, a. Elite communication. b. Hegemonic communication. c. Petitionary communication. dan d. Associational communication,” ujar Yuliandre.

Menyimak kunjungan Presiden ke Transmart Bogor dan banyak tempat konsentrasi masyarakat saat libur lebaran sekarang, kata Yuliandre, Presiden Jokowi menggunakan persuasi komunikasi politik.

“Dan ini menjadi stylenya pak Jokowi yang digunakan beliau dalam menyelesaikan berbagai persoalan perpolitikan, kebuntuan komunikasi terkait kemasyarakatan dan kebangsaan,” ujarnya.

Propaganda, periklanan dan retorika merupakan elemen-elemen yang merupakan kunci utama komunikasi persuasi politik yang dilakukan Jokowi untuk membangun opini, menggiring sudut pandang, memengaruhi nilai-nilai kepercayaan dan kepatutan masyarakat.

“Ada yang menarik dalam kunjungan Pak Jokowi ke Transmart Yasmin di Bogor. Ada makna yang kuat tersirat dari tafsiran pesan yang disampaikan. Pak Presiden memilih Transmart sebagai tujuan, jelas sekali ini merupakan pesan kuat yang ingin disampaikan. Pesan itu bisa saja ditafsiran bahwa Transmart adalah tempat bermain yang aman bagi anak-anak,” ujarnya.

Baca Juga:  Istri Meninggal, Anak Diisolasi, Perantau Asal Sumbar di Sampit Butuh Bantuan

Atau kalau dikaitkan dengan trend tahun politik saat ini pun sah saja. Kata Akademisi Unand Padang ini dari sudut pandang politik.

“Presiden ingin mengetahui respon masyarakat terhadap isu yang santer beredar pencalonan beliau, yang sudah viral akan memggandeng pengusaha pribumi terkaya di Indonesia yaitu Chairul Tanjung (CT) sebagai  Calon Wakil Presidennya,”ujarnya.

Jadi, Presiden hari ini ke Transmart Yasmin di Bogor menurut Yuliandre Darwis akan banyak macam makna bisa diciptakan dalam kunjungan tersebut

“Ini hal yang menarik untuk diuji kapasitas pesan yang dimunculkan atas kunjungan tadi,”ujar Yuliandre.(own/rilis dunsanak-jokowi-ct)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *