Kapas Usulkan Prof. Ganefri Jadi Menteri

Rektor UNP Prof. Ganefri. foto.dok

PADANG, MIMBAR —Walaupun di Sumbar suara Jokowi-Ma’ruf Amin hanya sebesar 14,05 persen, tapi tidak menyurutkan Komunitas Pemerhati Sumbar (Kapas) untuk mengusulkan Menteri yang berasal dari Ranah Minang.

Dalam rilisnya, Jumat (6/9), Kapas meminta Jokowi untuk mempertimbangkan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri diangkat menjadi salah seorang Menteri di Kabinet Kerja II ke depan, khususnya yang berhubungan dengan bidang pendidikan dan teknologi.

Menurut rilis yang disampaikan Koordinator Kapas Isa Kurniawan itu, disebutkan bahwa sosok Ganefri yang merintis karir mulai dari Dekan Fakultas Teknik UNP, Ketua Kopertis / LLDIKTI Wilayah X, dan sekarang Rektor UNP dinilai layak untuk menjadi Menteri.

“Melihat prestasi dan sepak terjang Pak Ganefri selama memimpin, baik itu di Kopertis (LLDIKDI) maupun di UNP, kita rasa masyarakat luas sudah melihatnya. Profesor Ganefri berhasil membawa kedua lembaga itu diperhitungkan di tingkat nasional, maupun internasional,” sebutnya.

Baca Juga:  Dua Meninggal, 44 Orang Luka-Luka dan Ratusan Rumah Rusak

Lihat saja bagaimana pesatnya perkembangan UNP, baik dari sisi infrastruktur maupun dalam usaha peningkatan kualitas perkuliahan. “Mulai dari Presiden, Wakil Presiden, Menteri-menteri dan petinggi lainnya sudah datang ke UNP. Bahkan tokoh Malaysia, Anwar Ibrahim pernah diberikan doktor honoris causa,” tukuknya.

Baru-baru ini, melalui kolaborasi Perguruan Tinggi Sumbar, yang di-inisiasi UNP dan Unand, menghadirkan Wapres Jusuf Kalla di UNP untuk memberikan anugerah Minang Entreprenuership Award (MEA) kepada para mahasiswa-wirausahawan, dan sekaligus peresmian asrama mahasiswa UNP yang dibangun PUPR.

Pengangkatan seorang Menteri, ungkap Isa, merupakan hak prerogatif Presiden. Banyak pertimbangan yang melatarbelakangi, seperti unsur partai, profesionalitas, dan kewilayahan. “Pak Ganefri itu representasi dari kalangan profesional dan kewilayahan,” ujarnya.

Baca Juga:  CT Dinilai Cocok Jadi Wapres Jokowi

Dalam sejarahnya, menurut Isa, beberapa tokoh Sumbar saat masih menjabat pernah diangkat jadi Menteri. Seperti Harun Zain, Azwar Anas, Hasan Basri Durin, Gamawan Fauzi dan Musliar Kasim. Biasanya jalur gubernur, tapi terakhir Rektor Unand Musliar Kasim diangkat menjadi Wamendikbud oleh Presiden SBY.

“Jadi tidak salah rasanya Kapas mengusulkan kepada Presiden terpilih Jokowi untuk mengangkat Pak Ganefri menjadi Menteri. Kapasitas dan kapabilitas seorang Ganefri sudah mencukupi untuk menduduki posisi tersebut,” tutup alumni Unand itu. (ms/rls/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *