Karnalis: Bawaslu Berkomitmen Kuatkan Keterbukaan Informasi


Padang, Mimbar — Soal Keterbukaan Informasi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat punya komitmen yang kuat untuk melaksanakannya. Komitmen itu sudah dibuktikan, bahkan sampai ke semua Bawaslu Kabupaten Kota di Sumbar.
“Komitmen dan dukungan Bawaslu soal penguatan Keterbukaan Informasi Publik, sudah kita lakukan sejak terbentuknya Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID) yang di SK kan oleh Ketua Bawaslu Sumbar,” ujar Karnalis Kamaruddin, SH, M.Si, Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar dalam pembukaan “Sosialisasi Pelayanan data dan Informasi Publik Bawaslu Sumbar” di Hotel Grandzuri, Sabtu (21/11/2020).
Selain itu, lanjut Karnalis, dukungan terhadap penguatan keterbukaan Informasi Publik juga dilakukan dalam bentuk penyediaan ruangan PPID yang representatif, berikut peralatannya dengan harapan masyarakat yang membutuhkan informasi dapat terlayani dengan baik.
“Di ruangan PPID, masyarakat akan mendapatkan informasi yang tidak dikecualikan, baik secara softcopy maupun hardcopy,” terang Karnalis dalam acara yang juga dihadiri Bawaslu Kabupaten Kota, BEM se Sumbar dan para wartawan.
Dukungan terhadap penguatan keterbukaan informasi, lanjut Karnalis juga dibuktikan Bawaslu Sumbar dalam bentuk pengalokasian anggaran yang memadai. Anggaran ini, selain untuk pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas PPID dan Bimtek pengelolaan data dan informasi yang melibatkan PPID di seluruh kabupaten kota, juga untuk pelaksanaan sosialisasi ke masyarakat, baik melalui media cetak, online maupun elektronik.
“Bawaslu juga telah mempunyai website yang kelola oleh SDM yang handal demi memberikan informasi terbaik dan transparan pada masyarakat. Klik saja website bawaslu Sumbar di HP atau android masing-masing,” ungkap Karnalis. (ms/ald)

Baca Juga:  HM Tauhid Mundur Karena DPP Perindo Janji Tinggal Janji

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.