Kasek Bawaslu Sumbar Karnalis Kamaruddin Pastikan Tak Ada Pemotongan Honor PKD dan Pengawas TPS

Kasek Bawaslu Sumbar Karnalis Kamaruddin. ,(Foto/ald)

PADANG, mimbarsumbar.id — Kepala Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Karnalis Kamaruddin, SH, M.Si, memastikan tidak akan ada pemotongan honor pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Sumbar.
“Saya sudah tegaskan kepada seluruh Bawaslu Kabupaten dan kota dan kecamatan untuk membayarkan honor PKS dan PTSP sesuai aturan. jangan sekali-kali ada pemotongan. Jika kedapatan, akan jadi masalah besar. Kita tidak akan memaafkan. Pembayaran harus dilakukan tepat waktu dan bayarkan sesuai aturan,” ungkap Karnalis dalam Rapat Dalam Kantor (RDK) yang dilaksanakan jelang pemungutan suara lalu.
RDK ini digelar terkait dengan dukungan anggaran dan persiapan teknis Pelatihan Saksi Peserta Pemilu dan Bimtek Pengawas TPS. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 6 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Penguatan Kapasitas dan Pelatihan Saksi Peserta Pemilu. Dasar hukum pelatihan saksi juga terdapat pada Pasal 351 ayat (8) Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang menyebutkan bahwa Saksi Peserta Pemilu dilatih oleh Bawaslu.
“Dalam kunjungan ke sejumlah sekretariat Panwascam saat patroli pengawasan masa tenang, kembali saya mengingatkan panwascam agar tidak memotong honor PKS dan Pengawas TPS,” pungkas Karnalis. (ms/ald)