Kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo Juara 2 se-Kota Padang Lomba Pasambahan Adat

Ketua, Guru dan anggota kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo foto bersama usai menerima tropi juara 2 se Kota Padang, Minggu (22/1/2023) di Kecamatan Kuranji, Kota Padang. (foto dok/erwin)

PADANG, mimbarsumbar.id — Kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo Kelurahan Kampung Lapai berhasil meraih juara 2 lomba Pasambahan Adat di Bawah Payung yang diikuti 15 kelompok basurah adat se Kota Padang, yang digelar 20-22 Januari 2023 di Kampung Adat Rimbo Tarok Kecamatan Kuranji.
Ketua Kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo, Tonli Muchtar mengucapkan syukur atas keberhasilan ini, dan berterima kasih kepada Pembina Kelompok Basurah Adat, Sonny Affandi, ST dan para guru yang selama ini membimbing anggota Basurah Adat Lapai Saiyo yang latihan setiap minggu.
“Ucapan syukur dan terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada Bapak Sonny Affandi dan Guru Mamak Kamil Malin Mudo yang selama ini membina dan membimbing kami dalam belajar basurah adat,” ujar Anton sapaan akrab Tonli yang di dampingi Sekretaris Erwin Ilfahmi dan guru pembimbing, Zulkarnain.
Anton juga berterimakasih kepada aejua anggota Basurah Adat Lapai Saiyo yang begitu semangat latihan setiap minggunya. Dengan kelompok yang baru seumur jagung, tapi sudah menghasilkan prestasi yang memuaskan.
“Semoga ke depan, kita bisa lebih baik lagi. Kita harapkan, kegiatan ini dapat memancing minat minat generasi muda khususnya di Kelurahan Kampung Lapai untuk juga ikut belajar basurah adat guna melestarikan adat dan budaya minangkabau,” ungkap Anton.
Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung di kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo ini, lanjut Anton. Di kelompok ini tidak saja diajarkan pepatah petitih adat menjelang makan, saat kematian atau perundingan, tapi juga diajarkan cara memandikan mayat hingga mengafani.
“Jadi, latihan latihan seperti sangat kita perlukan untuk kehidupan kita bermasyarakat, termasuk untuk keluarga kita sendiri. Karena, yang namanya kematian itu, keluarga kita pasti akan mengalaminya,” ujar Anton.
Pembina Kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo, Sonny Affandi mengapresiasi prestasi yang diraih Kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo. Semoga dengan kemenangan ini membuat anggota kelompok lebih besar semangat lagi mengikuti kegiatan bimbingan oleh guru yang ditentukan dan tentunya tetap terjalin kekompakan dan kebersamaan.
“Semoga keberhasilan ini dapat memacu kita untuk lebih bersemangat dan kompak dalam setiap kegiatan. Dan tidak lupa mengajak generasi muda untuk ikut bergabung sehingga ada generasi penerus guna membumikan adat basandi syarak, syarak basandi Kitabbullah. Adat nan tak lakang dek paneh, nan tak lapuak dek hujan,” ungkap Sonny yang sudah 2 periode jadi Ketua LPM Kelurahan Kampung Lapai.
Grup Basurah Adat Lapau Saiyo terdiri dari Tonly, Erwin, Musrizal, Irwan, Anwar Malin Marajo, Zulkarnain, Risman, Andan, In Saputra , Indra Roza, Eri Firmansyah, Elvis, Syahril Malay, dan Junaidi. (ms/ald)