Kementerian PUPR Menerima Penghargaan BKN Award 2019 dan Penghargaan Manajemen ASN

Jakarta, Mimbar – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meraih Penghargaan atas keberhasilannya menerapkan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan predikat Sangat Baik dari Komisi Aparutur Sipil Negara (KASN).

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan oleh Anggota Komisioner KASN Nuraida Moksen kepada Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam ajang Anugerah KASN 2019, di Hotel Grand Kemang Jakarta, Jumat 27 September 2019.

Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan KASN kepada Kementerian PUPR. Penghargaan ini merupakan hasil bersama dari kerja keras seluruh Insan PUPR diantaranya para pengelola kepegawaian di Sekretariat Jenderal, BPSDM, dan di Sekretariat Unit Organisasi (Unor).

Penerapan sistem merit dalam manajemen ASN merupakan amanat utama dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Pada pasal 111 disebutkan bahwa untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi harus dilakukan melalui Seleksi Terbuka.

Baca Juga:  KI Sumbar Cari Badan Publik Tertransparan 2018

Hal ini dikecualikan bagi Instansi yang telah menerapkan Sistem Merit dalam Manajemen ASN nya dengan persetujuan Komisi ASN.

*BKN Award 2019*
Sebelumnya Kementerian PUPR juga mendapat penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yakni BKN Award 2019 untuk Kategori Penilaian Kompetensi. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana kepada Kepala Biro Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana mewakili Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2019 di Yogyakarta, Rabu 25 September 2019 lalu.

BKN Award 2019 diberikan kepada 30 Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) dengan implementasi terbaik manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), yang meliputi enam pemenang disetiap kategorinya. Lima kategori BKN Award 2019 yaitu: 1) Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun; 2) Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT); 3) Penilaian Kompetensi; 4)Penilaian Kinerja; dan 5) Komitmen Pengawasan.

Baca Juga:  Besok, Reuni Perak Alumni FHUA 1993

Untuk Kategori Penilaian Kompetensi, penghargaan diberikan kepada Kementerian PUPR (Kementerian); Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) (Lembaga); Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Provinsi); Pemerintah Kota Balikpapan (Pemerintah Kab./Kota Tipe A); Pemerintah Kabupaten Maros (Pemerintah Kab./Kota Tipe B); dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Pemerintah Kab./Kota Tipe C).

Ini merupakan tahun keempat pelaksanaan BKN Award sejak diluncurkan pada tahun 2016 dengan tujuan untuk memacu kinerja K/L/D dalam melaksanakan empat belas butir manajemen ASN.

Turut mendampingi Sekjen Kementerian PUPR Anita Formanti yakni Kepala Biro Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Asep Arofah. (ms/rls/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *