Keterbukaan Informasi Publik Tolok Ukur Pemerintahan yang Baik dan Bersih

Kertebukaan Informasi Publik
Penyerahan Anugerah Keterbukaan Informasi oleh KI Bengkulu. foto.dok

Bengkuku, Mimbar — Komisi Informasi (KI) Bengkulu menyerahkan anugerah Keterbukaan Informasi Publik pada sejumlah tokoh Bengkulu, Jumat 20/12 di Balai Raya Gedung Daerah Provinsi Bengkulu.

“Kegiatan ini bentu evaluasi badan publik dalam penerapan UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Informasi dari penyelenggara negara wajib diberikan ke publik untuk terciptanya good governance,” ujar Ketua KI Bengkulu Murdan Lail saat mengatarkan prosesi Penganugerahaan Keterbukaan Informasi dihadapan Wagub Bengkulu Dedi Hermansyah

Tiga kategorianugerah yang diserahkan yakni Kategori OPD Pemprov Bengkulu dan Pemkab serta Pemko dan Perguruan Tinggi.

Baca Juga:  Presidium Aktivis 98 Sumbar Hadiri Rembuk Nasional

“Untuk Pemkab Muko-Muko, Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu, Perguruan Tnggi informatif Universitas Bengkulu,” ujar Komisioner Tri di sela-sela pembacaan badan publik informatif.

Wagub Bengkulu Dedi, keterbukaan informasi menjadi tolak ukur untuk lahirnya pemerintah baik dan bersih.

“Bagi OPD Pemprov Bengkulu masih ada yang belum terbuka. Bahkan ada OPD hanya Tuhan yang tahu apa program dan anggarannya satu tahun, padahal diera sekarang tidak model itu lagi. Jangan takut untuk terbuka karena terbuka tidak telanjang, ada informasi dikecualikan,”ujar Dedi.

Ketua KI Sunbar Adrian Tuswandi yang hadir mengapresiasi kerja KI Bengkulu dalam memasivekan keterbujaan informasi publik.

Baca Juga:  Kapolda Sumbar Berharap JPS Bangun Kesadaran Publik Arti Ketertiban dan Keamanan

“Nuansanya sama antara Sumbar dan Bengkulu yaitu sama-sama berproses untuk lebih baik kedepannya. Bengkulu bagi Sumbar termasuk menginspirasi kerja KI Sumbar,” ujar Adrian.(ms/rls/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *