Kolaborasi Dengan BEM Unand, Yayasan Katua Tekno Daya Serahkan Hadiah Lomba Keluar Bersih

penyerahan hadiah Lomba Gerakan Keluar Bersih di Studio PKM Unand, Minggu (2/7). (foto.dok/zul)

PADANG, mimbarsumbar.id — Yayasan Katua Tekno Daya (KATEDA) berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM Unand) dalam melaksanakan Lomba Gerakan Keluar Bersih. Lomba yang mengusung tema membangun perilaku keluar bersih dari toilet di lingkungan kampus Universitas Andalas dimulai dari bulan Februari sampai Mei 2023 dan ditutup dengan acara seremonial penyerahan hadiah Lomba Gerakan Keluar Bersih di Studio PKM Unand, Minggu (2/7)
“Lomba ini merupakan rangkaian dari kerjasama antara KATEDA dengan BEM KM Unand dalam mengajak Mahasisa untuk berperilaku hidup bersih dan tanggung jawab dalam menjaga kebersihan toilet,” ungkap Ketua Pembina Yayasan KATEDA, Ir. H. Surya Tri Harto, MT, MBA.
Surya menyatakan, melalui ajang perlombaan ini diharapkan dapat menumbuhkan awareness tentang perubahan perilaku dalam menjaga kebersihan toilet bagi seluruh Mahasiswa Unand serta mendukung gerakan Sumatera Barat Bersih. “Saya mengapresiasi ajang perlombaan Gerakan Keluar Bersih yang digalang oleh Yayasan Kateda dan BEM KM Unand yang dikomandoi Direktur Eksekutif KATEDA Muchdian Muchlis, ST, M.Tech.Mgt,” jelasnya.
Direktur Eksekutif Yayasan Kateda, Muchdian Muchlis menjelaskan perlombaan tersebut terdiri dari beberapa kategori lomba yaitu, Lomba Short Video, Lomba Menulis Artikel Ilmiah dan Lomba Kebersihan Toilet yang dilombakan antar fakultas di Unand.
Setelah melalui penjurian yang cukup ketat, maka terpilih pemenang Lomba Gerakan Keluar Bersih sebagai berikut :
Lomba Short Video
Juara 1 : Moh Arif Fendi Ferdian (Fakultas Kedokteran Unand)
Juara 2 : Fajrul Khairi (Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand)
Juara 3 :Aidil Pratama (Fakultas Teknik Unand)
Lomba Menulis Artikel Ilmiah
Juara 1 : Habib Darmawan (Fakultas Hukum Unand)
Juara 2 : Silka Khairana Rahman (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unand)
Juara 3 : Afifah Syabrina Safli (Fakultas Kesehatan Masyarakat)
Lomba Kebersihan Toilet
Juara 1 : BEM KM Fakultas Keperawatan Unand
Juara 2 : BEM KM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unand
Juara 3 : BEM KM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unand
Muchdian Muchlis yang akrab disapa Aan ini menambahkan untuk para pemenang masing-masing lomba berhak mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp1.000.000,00 untuk Juara 1; Rp.750.000,00 untuk Juara 2; dan Rp 500.000,00 untuk Juara 3. Hadiah dan piagarm penghargaan ini diserahkan secara langsung pada saat acara seremonial penyerahan hadiah Lomba Gerakan Keluar Bersih.
Aan mengungkapkan kegembiraannya dengan terlaksananya Lomba Gerakan Keluar Bersih bersama BEM KM Unand. Dia pun memberikan apreasiasi terhada antusiasme yang ditunjukkan oleh para Jajaran BEM KM Unand dan atensi mahasiswa dalam mengikuti berbagai lomba yang diadakan.
“Terimakasih kami ucapkan kepada BEM KM Unand yang telah memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan lomba yang merupakan bagian dari rangkaian kolaborasi kami dengan BEM KM Unand dalam mengkampanyekan Gerakan Keluar Bersih di kampus Unand. Harapannya dengan adanya Gerakan Keluar Bersih ini mampu menjadi gerakan massif yang melibatkan seluruh civitas akademika Unand dalam menjaga kebersihan toilet,” ungkap Aan.
Aan juga menyampaikan harapannya agar dukungan lainnya terus mengalir terhadap inisiasi kecil yang telah dilakukan YAYASAN KATEDA. “Insya Allah Gerakan Keluar Bersih akan terus bergulir. Semoga seluruh lembaga pendidikan di Sumatera Barat mulai dari PAUD sampai ke Perguruan tinggi, instansi pemerintahan di Sumatera Barat, organisasi atau lembaga di Sumatera Barat, Nagari, Restoran, Masjid dan tidak ketinggalan media luar ruang serta media sosial terlibat aktif dalam Gerakan Keluar Bersih,” pungkasnya. (ms/*/ald)