Kolaborasi dengan PadangTV, Kabupaten 50 Kota Rebut Piala Kapolda Lomba Cerdas Qur’an

Bupati 50 Kota, Syafaruddin Datuak Bandaro Rajo saksikan Kapolres 50 Kota, AKBP Trisno Eko Santoso S.I.K serahkan secara simbolis Piala Kapolda Sumbar ke Kadis Pendidikan Indrawati. foto.dok

Padang, Mimbar — Pandemi covid-19 yang melanda Dunia sangat berdampak terhadap dunia pendidikan di Indonesia dan Sumbar tentunya. Berbagai langkah kreatifitas pun dilakukan sejumlah kalangan pendidikan, terutama menyediakan wadah bagi generasi berprestasi dalam menyalurkan bakat dan kemampuan nya.

Langkah inilah yang dilakukan Dinas pendidikan Kabupaten 50 Kota berkalaborasi bersama Padangtv menggelar Iven Cerdas Qur’an Tingkat SD dan SMP se Kabupaten 50 Kota. Acara yang digelar selama 13 s/d 23 AGUSTUS 2021 ini dibuka langsung Bupati 50 Kota Safarudding dt. Bandaro Rajo.

Dalam kesempatan tersebut
Bupati 50 kota mengucapkan terimakasih dan menyambut baik program cerdas qur’an yang memperebutkan Tropi Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Armanto dan Bupati 50 kota.

Safaruddin berharap dengan Iven Cerdas Qur’an ini, akan mewujutkan 50 kota yang madani dan beradap dan berbudaya. Akan muncul ahli ali alquran di 50 kota untuk masa datang.

“Ini merupakan upaya kreatif dari dinas pendidikan, karena bisa menggelar iven di masa covid-19. Disaat setiap daerah kewalahan untuk berkreatifitas menggelar iven, Cerdas Qur’an salah satu jawabannya” terang Bupati.

Baca Juga:  Arab Saudi Keluarkan Izin untuk Acara Buka Puasa Bersama di Masjidil Haram

Bupati sangat mengapresiasi langkah yang di gagas Dinas Pendidikan Kabupaten 50 Kota dan PadangTV yang mengelar program “Cerdas Qur’an” Tingkat SMP dan SD se Kabupaten 50 Kota.

Terlepas dari kondisi Pandemi Covid-19 saat ini yang melanda dunia lanjut Bupati, harus disikapi dengan berbagai kreativitas.

Terutama dalam meciptakan genetasi yang ber akhlaqul Qorimah.
“Kita sangat berterima kepada Dinas Pendidikan dan Padangtv yg melakukan inovasi dengan menghadirkan lomba Cerdas Qur’an. Acara yang digelar secara Prokes Covid-19 dan juga diikuti secara virtual zoom ini, metupakan salah satu upaya memecah kebuntuan siswa dalam berkreativitas” terang Bupati

Sementara itu Kapolda Sumbar yang diwakili Kapolres 50 Kota
AKBP Trisno Eko Santoso S.I.K
juga mengapresiasi program cerdas quran tersebut.
Iven ini terang kapolres tentunya sangan sejalan dengan filosovi Minangkabau sebagai mana dalam falsafah “adat betsandi syarak, syarak betsandikan kithabullah.

Baca Juga:  Larangan Restoran Buka Siang Hari, Kemenag: Cenderung Berlebih-lebihan

Lebih jauh Kapolres menjelaskan bahwa alquran adalah pentunjuk bagi umat manusia. Setiap huruf yang dibacakan mengandung pahala dan menuntun setiap muslin kearah yang lebih baik.

“Mereka yang membaca, mencintai dan mengamalkan alquran adalah surga balasan nya. Karena didalam alquran ini berisi semua petunjuk bagi umat manusia ciptaan allah SAW”, terang Kapolres.

Kapolres berharap lahir para penghapal-penghapal quran di kabupaten 50 Kota. Ia juga berharap lomba Cerdas Quran ini dibumikan dan digelar di seluruh daerah Sumbar.

Sementara itu, pada pembukaan Acara Cerdas Qur’an yang disiarkan langsung di stasiun Padangtv, Livestreaming dan youtube ini juga dikuti secara virtual zoom oleh ratusan Kepala Sekolah SD dan SMP se Kabupaten 50 Kota. Ikut juga bergabung Kepala dinas Pendidikan daerah Tetangga Dumai, Duri dan Pekan Baru. (ms/zik)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.