Kunjungi LIPIA di Jakarta, Rektor UNP Jajaki Sejumlah Kerjasama

Rektor UNP Prof. Ganefri berkunjung ke LIPIA perwakilan Indonesia di Jakarta. foto.dok

Padang, Mimbar — Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri, Ph. D. yang didampingi Al Ikhlas, Lc., MA. dan Dr. Muhammad Zen, MA. (Dosen FIS-UNP), melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) perwakilan Indonesia yang berpusat di Jakarta.

Dalam kunjungan tersebut, kedatangan Rektor UNP diterima dengan sangat baik oleh Dr. Bandar bin Sa`ad al-Alam yang merupakan pimpinan LIPIA Jakarta yang baru saja ditugaskan di Indonesia.

Kunjungan yang diprakarsai Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia ini bertujuan membicarakan beberapa kerjasama yang bisa dilakukan oleh kedua pihak. Hal ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Negeri Padang, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Arab dan ilmu ke-Islam-an.

Sebelumnya, LIPIA juga telah mengirimkan lebih kurang 150 judul lliteratur berbahasa Arab yang disumbangkan untuk mendukung kegiatan sivitas akademika UNP di Saudi Center yang akan diresmikan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia pada bulan Januari tahun 2022 mendatang.

Baca Juga:  Prof Syahrial Bakhtiar Telusuri Budaya Olahraga ke Negara Kincir Angin

Kunjungan yang berlansung lebih kurang satu jam tersebut juga membicarakan tentang MoU antara Universitas Negeri Padang dengan Al-Imam University yang merupakan induk dari LIPIA Jakarta yang berpusat di Riyadh, Kerajaan Arab Saudi.

Dengan adanya MoU tersebut, maka Universitas Negeri Padang lebih siap dan leluasa dalam melakukan berbagai kegiatan dengan LIPIA, termasuk rencana pembukaan Cabang LIPIA di Padang.

Dalam waktu dekat, Dr. Bandar bin Sa`id al-Alam berjanji akan mengunjungi UNP dan ini akan menjadi kunjungan kerjanya pertama kali ke universitas semenjak dia ditugaskan di Indonesia. Tentu hal yang demikian menjadi sebuah kehormatan bagi UNP untuk menjamunya di Padang guna memberikan pencerahan kepada mahasiswa dan mahasiswa Universitas Negeri Padang.

Baca Juga:  Prof. Syahrial Bakhtiar: Guru 3T Harus Jadi duta 'Sport for Development'

“Semoga pertemuan ini menjadi pertemuan yang diberkahi sehingga mampu memberikan kebaikan bagi masa depan UNP dan masyarakat muslim Sumatera Barat,” ungkap Prof. Ganefri.

Dipenghujung kegiatan, Dr. Bandar bin Sa`id al-Alam menyerahkan cendramata kepada Rektor UNP berupa sebuah kaligrafi yang bertuliskan Ganefri dalam Bahasa Arab yang ditulis tangan oleh seorang kaligrafer handal di sana. Selain itu, Dr. Bandar bin Sa`id al Al-Alam juga menyerahkan sebuah plakat kenang-kenangan.

Selanjutnya Rektor dan segenap tamu undangan yang disuguhi makan siang dengan menu Arab Saudi yang sangat istimewa dan ditutup dengan foto bersama. (ms/*/ary)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.