Sumbar  

Lantik 65 Kepala SMA/SMK, Gubernur Mahyeldi: Tingkatkan Mutu Pendidikan Sumbar

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah melantik 65 Kepala SMA/SMK di Auditorium Istana Gubernur, Kamis (21/03/2024). (foto/adpsb)

PADANG, mimbarsumbar.id –Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menekankan, bahwa penunjukan jabatan kepala sekolah (kepsek) bertujuan semata-mata untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sumbar.

“Pemilihan kepala sekolah dilakukan setelah melalui prosedur yang ketat dan berjenjang. Tujuannya agar yang terpilih itu benar-benar yang terbaik. Artinya, yang bisa meningkatkan kualitas pendidikan melalui penyegaran organisasi,” ujar Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya saat melantik 65 Kepala SMA/SMK di Auditorium Istana Gubernur, Kamis (21/03/2024)

Gubernur mengingatkan, bahwa tugas sebagai kepsek adalah tanggung jawab besar yang harus diemban dengan sebaik-baiknya. Sebab, Kepsek adalah tulang punggung pendidikan yang akan menghasilkan generasi muda calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Gubernur juga menyebutkan, sepanjang tahun 2023 yang lalu, beragam prestasi telah berhasil diraih oleh dunia pendidikan di Sumbar. Salah satu buktinya ialah, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumbar yang berada di peringkat tujuh nasional pada tahun 2023. Gubernur berharap, agar peringkat itu bisa ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya.

“Untuk itu, kami ucapkan selamat bertugas bagi pejabat yang baru. Kita berharap, prestasi yang semakin baik dapat dihasilkan di sekolah masing-masing. Selain itu, kami ucapkan terima kasih kepada pejabat Kepsek sebelumnya, yang telah berbuat dan mencetak prestasi selama memimpin sekolah masing-masing,” ujar Gubernur lagi.

Turut hadir mendampingi Gubernur dalam prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar, Barlius; para Kabid di Lingkup Disdik Sumbar, para Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Sumbar, serta para kepala sekolah, guru dan keluarga. (ms/adpsb/isq)