Lima Perempuan Hebat Sumbar Bakal Ngantor di Senayan, Ini Prediksi Anggota DPR dan DPD RI Terpilih

PADANG, mimbarsumbar.id — Luar biasa. Empat Bundo Kanduang Sumbar, hampir dipastikan kembali  berkantor di Senayan Jakarta. Tiga untuk Anggota DPR RI dan Satu DPD RI. Sedangkan satu perempuan lagi, terpilih untuk pertama kalinya sebagai anggota DPR RI yakni Cindy Monica Salsabila.

Prediksi ini pasca selesainya penghitungan suara di TPS, dan berdasarkan rekapitulasi suara pemilihan DPR RI dan DPD RI secara acak yang dikumpulkan tim elektoral Jaringan Pemred Sumbar (JPS).

Hasil adukan Tim Elektoral JPS diketuai Adrian Tuswandi ini ternyata calon Incumbent DPR RI Pemilu 2024 berguguran pada dua Dapil di Provinsi Sumbar.

“Ya ada dua Incumbent di Dapil Sumbar 1 dan dua Incumbent di Dapil Sumbar II gagal melanjutkan status wakil rakyat untuk periode 2024-2029,” ujar Adrian Tuswandi, Kamis (15/2-2024).

Sementara empat perempuan hebat Sumbar kembali melenggang ke gedung Senayan Jakarta, yaitu Hj Nevi Zuairina (PKS/Sumbar 2), Lisda Hendrajoni (NasDem/Sumbar 1), dan Athari Gauthi Ardi (PAN/Sumbar 1) serta Emma Yohana untuk DPD RI.

Inilah potensi Anggota DPR RI Dapil Sumbar 1 yakni, Lisda Hendrajoni (NasDem), Andre Rosiade (Gerindra), Rahmat Saleh (PKS), Darul Siska (Golkar), Athari Gauthi Ardi (PAN) dan Alex Indra Lukman (PDI Perjuangan).

Untuk kursi ke tujuh DPR RI Dapil Sumbar I ini terjadi perebutan ketat antara tiga Caleg NasDem yaitu Fauzi Bahar, Shadiq Pasadique, dan Iwan Afriadi. Sedangkan kursi kedelapan DPR RI di Sumbar I ini berebut Caleg PKB dengan Caleg Gerindra.

Sementara itu kata Adrian Tuswandi, untuk Dapil Sumbar II juga terjadi ‘kudeta’ kursi DPR RI, tiga Calon Incumbent pun tumbang. Untuk 6 kursi DPR RI Sumbar 2, yaitu Hj Nevi Zuairina (PKS), Asrizal Aziz (PAN), Benny Utama (Golkar), Mulyadi (Demokrat), Cindy Monica (NasDem) dan Ade Risky Pratama (Gerindra).

Untuk empat kursi DPRD RI, Toaik biasa Ketua Jaringan Pemred Sumbar (JPS) ini disapa menyebut Emma Yohana, Muslim, dan Leonardy Harmainy

“Kursi ke empat DPD dari Sumbar, sementara bersaing Cerint, Nurkholis dan Ust Jel Fathullah (Jelita Donals),” ujar Toaik.

Toaik men disclaimer pantauan dari random rekapitulasi TPS dilakukan. Tim Electoral JPS  ini, tetap menunggu hasil penghitungan final KPU RI.

“Kalau resminya tetap kita menunggu penghitungan final dari KPU,” ujar Toaik. (ms/*/ald)