Lintasan Sebidang Kereta Api di Kasang, HM Nurnas Pastikan Macet Total Saat Liburan Idul Fitri

HM Nurnas, Anggota DPRD Sumbar. (foto/dok)

PADANG, mimbarsumbar.id — Perlintasan sebidang rel kereta api di depan Kasang Padang Pariaman semakin parah. Lobang di tengah rel menyebabkan kendaraan yang melintasi harus melambat sehingga menimbulkan macet panjang dari  arah Padang maupun ke Bukittinggi.

“Saya mengalami dan menyaksikan langsung Sabtu kemarin, bagaimana perlintasan sebidang itu sangat mengganggu pengguna jalan raya arah Padang maupun arah Bukittinggi,” ujar Anggota DPRD Sumbar HM Nurnas, Minggu (3/3-2024) di Padang.

Menurut HM Nurnas jika segera di atasi, bakal menjadi macet luar biasa ketika liburan lebaran tahun ini.

Solusi jangka pendeknya menurut HM Nurnas, perlintasan sebidang nya dibuat seperti perlintasan kereta api di ruas Tabing Padang.

“Kalau solusi pendek nya seperti perlintasan sebidang dI Tabing itu, kalau jangka panjang jalurnya dinaikan ke atas, seperti flyer over perlintasan sebidang,” ujar Nurnas.

Pihak KAI tidak bisa lepas tangan membiarkan macet parah di lintas sebidang Kasang itu.

“Jangan lepas tanggungjawab dan kewenangan, Pemprov Sumbar dan PT KAI (Kereta Api Indonesia) mesti berkolaborasi mencarikan solusi di perlintasan sebidang itu,” ujar HM Nurnas.

Tanpa diatasi maka potensi macet ruas utama Padang Bukittinggi itu akan bertambah titiknya lagi.

“Kalau sebelumnya potensi macet ada di perlintasan sebidang Pasar Usang, Lubuk Buaya, Sicincin dan Lembah Anai, terus Padang Panjang, Koto Baru dan Padang Lua, lebaran tahun ini bertambah satu titik lagi yaitu perlintasan sebidang di Kasang,” ujar HM Nurnas. (ms/*/ald)