Masih Berlanjut, Pembersihan Material Longsor di Jalan Simaka Sudah 80 Persen

Agam, Mimbar – Pembersihan material longsor di Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, hingga kini masih berlanjut.

Menurutnya Kabid KL BPBD Agam, Syafrizal, hingga kemarin progres pembersihan material yang menimbun jalur Sicincin-Malalak-Balingka (Simaka) tepatnya di Batu Baapik ini, sudah mencapai 80 persen.

“Awalnya target pengerjaan enam hari, tapi sedikit molor karena alat berat yang ready hanya satu unit,” ujar Syafrizal kepada wartawan, Kamis (3/12).

Namun, hari ini alat berat ditambah satu unit lagi dan diupayakan hari ini jalan sudah bisa dilewati kendaraan roda empat, dengan sistem buka tutup.

Baca Juga:  Kadis Kesehatan Kabupaten Agam Lantik 18 Pejabat Fungsional

“Dalam pengerjaan tidak ada kendala yang berarti, hanya saja kekurangan alat berat,” sebutnya.

Dikatakannya, pembersihan material akan diupayakan selesai pekan ini, supaya akses masyarakat kembali normal baik dari Bukittinggi-Padang Pariaman maupun sebaliknya.

Diketahui, longsor terjadi, Kamis (26/11) dini hari, dan siangnya langsung dilakukan upaya penanganan. Namun dini hari esoknya terjadi longsor susulan dengan kapasitas besar.

Akibat kejadian itu, jalur Simaka putus total, bahkan hingga kini masih belum bisa dilewati.

“Saat kejadian material longsor menimbun jalan sepanjang 200 meter, dengan ketinggian 4-6 meter,” kata Syafrizal.

Baca Juga:  Tambah 5 Lagi, Total Pasien Covid-19 di Agam Jadi 1.380 Orang

Diakuinya, beruntung kejadian ini tidak memakan korban, karena longsor terjadi dini hari dan pengguna jalan tidak ada melewati jalur itu. (Ms/RiL)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.