Menag Minta Tokoh Agama Berperan Sebagai Pemimpin Digital

Padang, Mimbar  — Menteri Agama (Menag) Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mengatakan tokoh agama yang tergabung dalam Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) perlu meningkatkan peran menjadi pemimpin digital (Digital Leadership).

Hal tersebut dikatakan Fachrul Razi saat menjadi pembicara pada kegiatan Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas) dan Milad Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) 2019 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kampus Air Tawar di Padang, Sabtu (7/12).

“Tokoh agama mesti mampu dan cakap menjadikan teknologi informasi untuk mengembangkan pendidikan dan dakwah Islam,” katanya.

Ia menjelaskan, dengan kemampuan kepemimpinan digital akan memperkuat otoritas keagamaan di tangan lCMl, yang sementara ini bisa diambil alih oleh mereka yang mampu beradaptasi dengan teknologi informasi, walaupun kurang otoritatif dalam hal keagamaan.

Baca Juga:  Unand Lakukan Pelatihan Advokasi Kebijakan Sertifikasi Produksi Rumah Tangga

Terkait dengan dakwah Islam, Menag juga meminta ICMI harus menjadi katalisator dan berdiri di garda terdepan agar dakwah Islam mengedepankan misi agama yang rahmatan lil alamin.

“Model dan pendekatan dakwah, yang rigid dan keras kiranya tidak relevan dengan situasi dan kondisi bangsa apalagi generasi milenial Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan itu, Menag juga menyampaikan pada forum tersebut tentang gagasan-gagasan penting the founding father bangsa, yaitu membangun Indonesia yang bisa, menyelaraskan antara Isiam di satu sisi dan negara di sisi yang lain dalam wadah Negara Kesatuan Republik lndonesia dengan baik.

Baca Juga:  Surfa Yondri: Politeknik Negeri Padang Prioritaskan Pengabdian Masyarakat di Sekitar Kampus

Hal lain yang kiranya bisa dirumuskan adalah menjaga harmoni intern umat beragama, antar agama dan agama dengan pemerintah secara baik.

“Trilogi kerukunan ini, harus direvitalisasi kembali agar suasana keagamaan dan kebangsaan kita menjadi kondusif. Bangsa ini bangsa besar yang mempunyai umat Islam terbesar, karenanya kita berpotensi menjadi pemimpin keagamaan global,” katanya.

Silknas ICMI 2019 yang dibuka oleh Wapres Ma’ruf Amin pada Jumat(6/12) akan berlangsung sampai Minggu (8/12) dengan agenda terakhir pengesahan hasil- hasil sidang komisi dan pengarahan dari ketua dewan Pakar ICMI Zulkifli Hasan. (ms/age)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *