Mengawal Perjalanan Reformasi Birokrasi di Dharmasraya

Catatan: Budi Waluyo (Kepala Bagian Organisasi, Setda Kabupaten Dharmasraya)

Tanpa kepercayaan mustahil sebuah pemerintahan dapat berjalan mulus. Untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa, dilakukan melalui reformasi birokrasi.

Reformasi birokrasi selalu didengungkan di semua tingkatan pemerintahan. Presiden Jokowi sesaat akan disumpah di hadapan sidang MPR pada 2019 kembali mengemukakan tekadnya untuk melaksanakan reformasi birokrasi. Dia berkata akan memangkas proses birokrasi supaya pengambilan keputusan bisa dilakukan secara cepat.

Dari pernyataan orang nomor wahid di republik ini, maka lahirlah program penyederhanaan birokrasi dengan menetapkan dua level jabatan saja di semua lini pemerintahan, yaitu jabatan level satu dan jabatan level dua. Ini semua sedang berlangsung di seluruh daerah di nusantara

Berbicara tentang reformasi birokrasi, paling tidak pemerintah merumuskan ada delapan area perubahan yang dijadikan tolak ukur perjalanan reformasi birokrasi. Sebut saja area perubahan budaya kerja. Birokrat yang selama ini berperilaku minta dilayani, harus diubah menjadi perilaku melayani.

Struktur organisasi yang gendut dan rumit, perlu disederhanakan menjadi struktur organisasi yang ramping dan kaya fungsi. Dengan begitu, organisasi pemerintahan menjadi lebih lincah, fleksibel dan mudah menyesuaikan dengan perkembangan tuntutan pelayanan masyarakat.

Baca Juga:  Khusus Wartawan, Ada Lomba Karya Jurnalistik Festival Pamalayu Berhadiah Total 50 Juta

Perkara akuntabilitas juga menjadi tolak ukur perjalanan reformasi birokrasi. Sebuah pemerintahan yang baik harus memiliki rencana kerja yang berkualitas. Juga dibutuhkan sistem kerja yang bisa menjamin implementasi perencanaan, penganggaran, pengendalian pembangunan, dan sistem evaluasi dan pelaporan yang terintegrasi mudah dikontrol dan konsisten.

Bagaimana dengan perjalanan reformasi birokrasi di Kabupaten Dharmasraya. Di kabupaten yang dipimpin salah seorang bupati termuda ini, juga tengah berupaya keras melaksanakan reformasi birokrasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan reward dan punishment terhadap para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di OPD masing masing.

Pemberian penghargaan dan hukuman ini akan dikemas melalui sebuah kegiatan yang bernama Bulan Reformasi Birikrasi (Bulan RB). Sepanjang penyelenggaraan Bulan RB, semua OPD akan dievaluasi yang meliputi implementasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah), kepatuhan terhadap standar pelayanan publik, penerapan budaya kerja, dan juga penerapan transparansi penyelenggaraan pemerintahan.

Evaluasi implementasi SAKIP akan dilaksanakan dengan menyelenggarakan lomba penerapan SAKIP, evaluasi pelayanan publik dievaluasi dengan lomba kepatuhan terhadap pelayanan publik dan lomba inovasi pelayanan publik, evaluasi budaya kerja akan dilaksanakan melalui pemilihan ASN teladan dan evaluasi terhadap sistem transparansi akan dilakukan dengan melaksanakan lomba keterbukaan informasi publik.

Baca Juga:  Bupati Sutan Riska: Besarnya Jumlah Perawat Modal Sehatkan Masyarakat

Lima sampai enam lomba dalam rangka evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dirangkum menjadi kegiatan Bulan RB yang dilaksanakan setiap bulan Juni. Tahun ini Bulan RB sudah memasuki tahun kedua. Selain muatannya diperluas, Bulan RB tahun ini akan melibatkan semua OPD berikut unit unit layanan publik di bawahnya, termasuk sekolah dan Puskesmas, Balai Penyuluhan dan lembaga lembaga lainnya.

Para pemenang bulan RB akan diberi penghargaan oleh Bupati Dharmasraya, supaya para kepala OPD dan pimpinan unit kerja bisa lebih bersemangat dalam menjalankan reformasi birokrasi di lingkup instansi masing masing. Dan juga OPD dan unit kerja yang bersangkutan berhak mewakili Dharmasraya dalam ajang lomba dan festival tingkat provinsi dan tingkat nasional. Dengan begitu, maka perjalanan reformasi birokrasi akan tetap terkawal dan terjamin. ***

Payakumbuh, Mei tengah malam

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.