Muswil PPP Sumbar, Eka Vidya Putra: Momentum Harmonisasi Kader Tua dan Muda

Padang, Mimbar — Musyawarah Wilayah PPP Sumbar akan dibuka Senin (24/5). Selain sebagai ajang konsolidasi partai, Muswil juga akan memilih Ketua Umum DPW PPP, pengganti Hariadi.

PPP di Sumatera Barat sejak dulu sudah dekat dengan kehidupan politik masyarakat. Sejarah panjang masyarakat Sumbar di era orde lama dan orde baru tidak bisa dilepaskan dengan Masyumi yang akhirnya dilebur ke PPP di masa pemerintahan Soeharto.

Menurut akademisi Eka Vidya Putra, hal ini menjadi modal sosial yang besar untuk PPP Sumbar.

“PPP yang sudah memiliki sejarah panjang tentu saja memiliki basis massa yang kuat di tingkat akar rumput, ini menjadi modal sosial yang penting bagi PPP,” kata Eka Vidya Putra.

Baca Juga:  Vifner: Bawaslu Sumbar Bubarkan 109 Kampanye yang Melanggar Protokol Kesehatan

Selain itu, Direktur Revolt Institute ini juga menyebut bahwa PPP memiliki pengalaman panjang dalam menyelesaikan konflik internal.

“Kemungkinan partai lama ini mati dan ditinggalkan pemilih hampir tidak mungkin, karena partai ini sudah memiliki mekanisme organisasi yang kokoh dibandingkan partai baru,” ungkap Eka Vidya.

Modal sosial lain yang harus dikapitalisasi menjadi kekuatan adalah PPP sekarang memiliki banyak tokoh tokoh muda. Seperti Anggota DPR RI Muhammad Iqbal, Wagub Sumbar Audy Joinaldi, Maidestak Hari Mahesa, dan sejumlah kader muda yang kini duduk di DPRD.

Baca Juga:  HM Nurnas : Sakitpun Saya Harus Selalu Siap, Kalau Rakyat Memanggil

“Dari sisi pengkaderan PPP Sumbar sudah on the track, ada campuran antara kader tua dan kader muda yang menjalankan organisasi,” sebut Ketua Jurusan Sosiologi UNP ini.

Eka Vidya menilai sudah saatnya roda kepemimpinan diserahkan kepada kader muda yang kini tengah bersinar.

“Banyak kader muda PPP yang memiliki potensi besar memajukan partai, dalam Musywil mendatang seharusnya kepemimpinan diserahkan kepada tokoh muda ini, sedangkan kader tua menjadi penasehat saja, tujuannya agar terjadi harmonisasi di internal partai,” pungkas Eka Vidya Putra. (ms/*/ald)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.