Nagari Surabayo Agam Bersiap jadi Nagari Definitif

Wali Nagari Persiapan Surabayo, Kabupaten Agam, Indranova..foto.dok

Lubuk Basung, Mimbar — Nagari Persiapan Surabayo Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Sumatera Barat terus bergiat agar bisa menjadi nagari definitif tahun 2020 nanti. Saat ini pihak nagari bersama masyarakat sedang mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk itu.

“Beberapa item yang menjadi persyaratan untuk defenitif sudah kita laksanakan, sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Perbup Nomor 48 tahun 2017 tentang pedoman penyelenggaraan nagari persiapan. Kita optimis, Surabayo akan menjadi Nagari Defenitif  ” kata Wali Nagari Persiapan Surabayo, Indranova di Lubuk Basung, Senin (30/09/2019).

Beliau menuturkan, setelah satu tahun berjalan sebagai nagari persiapan, sudah dilaksanakan pemilihan perangkat nagari mulai dari sekretaris sampai kaur. Mereka sudah melaksanakan tugas sesuai fungsi dan topoksinya sesuai bidang masing-masing.

Baca Juga:  PWRI Agam Tour Wisata Sumatera, Jawa dan Bali

Tugas yang sudah dilaksanakannya yaitu menata jumlah penduduk, aset dan lainnya yang diperlukan nagari persiapan seperti, mendata jumlah tanah yang belum bersertifikat, pendataan penyakit langka dan KK miskin.

“Sekarang kita sedang melakukan persiapan pembentukan batas nagari, yang direncanakan dimulai Oktober 2019. Kemudian pendataan jumlah jorong dan RK yang dibutuhkan,” ujarnya.

 

Dijelaskannya, batas nagari belum dilaksanakan karena nagari induk belum memiliki peta nagari yang menjadi pedoman untuk ditindaklanjuti pemerintah provinsi. Dengan begitu, pihaknya mengharapkan dukungan masyarakat, supaya apa yang diamanahkan kepada Wali Nagari Persiapan dapat didorong bersama-sama untuk menjadikan Surabayo sebagai nagari definitif.

Baca Juga:  Ketua DPRD Agam Apresiasi Camat Ampek Nagari yang Dinilai Tim Provinsi

“Kita menargetkan 2020 Surabayo sudah menjadi nagari definitif, dan saat ini kita sedang menampung aspirasi masyarakat terkait pemberdayaan potensi di Surabayo,” ungkapnya

Banyak potensi yang bisa digali dari masyarakat, salah satunya kemampuan masyarakat dibidang kesenian. Saat ini Nagari Persiapan Surabayo menggelar Festival Surabayo Pop Minang, sebagai ajang bagi masyarakat yang berbakat dan berkreasi di bidang kesenian. (ms/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *