NasDem Memanggil Balon Kepala Daerah, Fadly Amran: Pendaftaran 1-7 Mei 2024

Ketua DPW Partai NasDem Sumbar, H. Fadly Amran Datuk Paduko Malano didampingi Hendri Irawan Dt Tanbijo dan Irwan Afriandi saat jumpa pers terkait pembukaan pendaftaran Calon Kepala daerah di Tower Nasdem Veteran, Selasa (30/4/24).(foto/ald))

PADANG, mimbarsumbar.id — DPW Partai NasDem Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memanggil para tokoh-tokoh terbaik Sumbar yang berminat maju sebagai bakal calon (balon) Bupati dan walikota di 19 kabupaten kota serta balon gubernur untuk ikut penjaringan yang dilakukan Partai NasDem Sumbar.
“Pendaftaran Balon Kepala Daerah dan Balon Wakil Kepala Daerah serta balon gubernur dan wakil gubernur dari Partai NasDem, dibuka mulai 1-7 Mei 2024 di kantor DPD kabupaten kota, DPW dan DPP NasDem. Kami akan menyambut kedatangan bapak-bapak dan ibu-ibu yang ingin maju lewat NasDem untuk ikut penjaringan. Formulir pendaftaran sudah kami siapkan,” ungkap Ketua DPW NasDem Sumbar, H Fadly Amran Datuk Paduko Malano dalam konferensi pers, Selasa (30/4/2024) di NasDem Tower, Jln. Veteran Padang.
Mengusung tagline Politik Tanpa Mahar, NasDem membuka ruang bagi semua tokoh yang berminat maju dari Nasdem, dengan persyaratan yang ditetapkan guna memenuhi karakteristik calon pemimpin dari Partai NasDem.
“Dari 19 kabupaten dan kota serta provinsi, hanya Kota Padang Panjang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang meraih 4 Kursi, sehingga memenuhi syarat untuk bisa mencalonkan sendiri. Sejauh ini belum ada koalisi dengan partai lain, baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten dan kota,” ujar Fadly dalam konferensi pers yang dipandu Ketua Bappilu NasDem Sumbar Irwan Afriadi, Martha Suhendra dan Hendri Irawan Dt Tanbijo.
*NasDem merupakan partai sangat terbuka. Kita membuka ruang untuk koalisi dengan partai lain, termasuk di luar koalisi perubahan, tergantung kondisi di kabupaten kota. Jadi tidak harus dengan partai yang sama di 19 kabupaten dan kota hingga tingkat provinsi,” tukuk Fadly.
Untuk Pilkada serentak yang dijadwalkan pada November 2024, lanjut Fadly Amran, Partai NasDem menargetkan menang besar. Karena itu, Partai NasDem mengharuskan para balon untuk melakukan survei elektabilitas dan popularitasnya di lembaga survei yang ditentukan partai.
“Survei ini nantinya akan menjadi penentu keterpilihan balon yang akan diusung NasDem. Partai NasDem juga melakukan Psikotes 15-17 Mei, Pemeriksaan Berkas Balon Kepala Daerah. Balon terpilih akan dikeluarkan surat keputusannya oleh DPP NasDem pada 1-6 Agustus 2024,” ucap Fadly.
Ditambahkan, Psikotest menjadi sesuatu yang sangat penting, dan ini menjadi style dan standar yang ditetapkan Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh.
“Manfaatkanlah politik tanpa mahar yang digagas Partai NasDem. Ini akan jadi contoh bagaimana demokrasi di negara ini diharapkan bisa lebih baik lagi ke depannya,” ujar Fadly. (ms/ald)