Ombudsman RI Perwakilan Sumbar Silaturahmi Dengan LSM Garuda NI DPW Sumbar

Agam, Mimbar – Ombudsman RI perwakilan Sumatera Barat bersilaturrahmi dengan LSM  GARUDA-NI  DPW Sumatera Barat di Lubuk Basung, Jum’at (14/02/2020).

Pada kesempatan itu Asiten Ombudsman Sumatera Barat Adel Wahidi mengatakan, sebagai lembaga pengawas pemerintahan kami membutuhkan kerjasama dengan lembaga-lembaga kontrol sosisal, seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Media Masa dan lainnya.

“Tanpa informasi atau laporan dari rekan-rekan lembaga kontrol sosial yang ada dilapangan kami tidak bisa berbuat banyak dalam menjalankan pengawasan”, katanya.

Diterangkannya, akan tetapi informasi ataupun laporan dari rekan-rekan harus melalui prosedur yang jelas, seperti dalam memberikan  laporan diiringi dengan data yang akurat.

Baca Juga:  Perantau Palembayan, Hj. Hasmijati salurkan Bantuan Untuk Tenaga Medis

“Setiap laporan akan kami tindak lanjuti,  kami bekerja sesuai dengan Standar Operasional (SOP) yang ada dilembaga Ombudsman. Kami akan  selidiki dan menyurati pihak terkait serta pihak penegak hukum untuk menyelesaikan setiap kasus yang ditemukan”, terangnya.

Dilanjutkannya, setiap kasus yang telah diproses oleh pihak terkait akan terus kami pantau sampai kasusnya dinyatakan selesai.

Sementara itu Ketua LSM  GARUDA-NI  DPW Sumbar Bj.Rahmat mengatakan, kami sangat berterima kasih kepada Ombudsman RI Perwakilan Sumbar yang telah menanggapi setiap kasus yang kami laporkan.

“Kasus-kasus yang kami laporkan kepada Ombudsman berawal dari laporan masyarakat kepada lembaga kami”ujarnya.

Baca Juga:  Lanjutkan Pelatihan Berbasis Kompetensi Sub Kejuruan, DPMPTSP-Naker Agam Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Menurut Bj. Rahmat, setiap kasus yang dilaporkan masyarakat ataupun yang kami temukan dilapangan yang diduga melanggar ketentuan yang ada, maka kami akan mengumpulkan data dan bukti seterusnya kami laporkan kepada pihak penegak hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan dan Ombudsman.

“Ini dilakukan karena kami adalah lembaga kontrol sosial dan demi tegaknya sistem hukum di Negara Kesatuan Repoblik Indonesia (NKRI)”, pungkasnya mengakhiri. (Ms/Mariel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *