Padang Ekspres Raih Gold Winner IPMA SPS 2023 Kategori Koran Harian di Sumatera

Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Rommi Delfiano terima penghargaan IPMA 2023 dari Ketum SPS Pusat Januar P Ruswita di Merlyn Park Hotel, Jakarta, Senin (20/3) malam. (foto.dok/ist)

JAKARTA, mimbarsumbar.id — Di tengah gempuran media digital, Padang Ekpres tetap tegak konsisten menunjukkan prestasi dan eksistensinya sebagai surat kabar harian. Kali ini koran dengan oplah dan pembaca terbesar di Sumbar ini meraih penghargaan dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) kategori Indonesia Print Media Awards (IPMA) 2023 Gold Winner Surat kabar Harian di Regional Sumatera.

Penghargaan prestisus itu diterima Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Rommi Delfiano dari Ketum SPS Pusat Januar P Ruswita di Merlyn Park Hotel, Jakarta, Senin (20/3) malam.

Bagi Padang Ekspres, raihan gold winner itu adalah untuk pertama kalinya. Sebab, sebelumnya baru mampu meraih bronze dan silver winner.

Keberhasilan Padang Ekspres tersebut juga bersamaan dengan empat penghargaan lainnya yang diraih koran harian Riau Pos Group (Riau Pos, Sumut Pos, Rakyat Aceh, Batam Pos dan Padang Ekpres).

Tropi penghargaan untuk Riau Pos diterima CEO Riau Pos Group Ahmad Dardiri. Hadir juga Komisaris Riau Pos Group Suhendro Boroma.
Atas prestasi tersebut, CEO Riau Pos Group Ahmad Dardiri mengatakan, penghargaan ini adalah sebuah prestasi yang luar biasa untuk Riau Pos sebagai individu dan juga sebagai induk.

Riau Pos menyabet emas (gold) di dua kategori The Best Of Sumatera Newspaper. Selain Padang Ekspres dan Riau Pos, anak perusahaan Riau Pos Group yang juga menyabet penghargaan adalah, Batam Pos, Sumut Pos, dan Rakyat Aceh.

”Penghargaan ini adalah bukti kualitas dari koran-koran di bawah payung Riau Pos Group,” kata CEO Riau Pos Group Ahmad Dardiri usai menerima penghargaan.

Ade menuturkan, tentu bukan perjuangan mudah untuk mendapatkan penghargaan itu semua. Apalagi di tengah gempuran media digital maupun media sosial yang dengan cepat memberikan informasi kepada publik. Namun Riau Pos Group mampu mempertahankan orisinilitas sebuah informasi secara utuh kepada pembaca.

”Di tengah gempuran informasi media digital, koran-koran di naungan Riau Pos Group terus menyajikan liputan yang berkualitas serta tampilan koran yang lebih segar dan enak dilihat,” ujarnya.

”Tentu saja, penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus menyajikan yang terbaik untuk pembaca. Motivasi untuk memuaskan dahaga pembaca koran akan sebuah informasi yang akurat dan antihoax,” pungkasnya.

Direktur Padang Ekspres Mhd Nazir Fahmi bersyukur atas penghargaan ini. Menurut dia, keberhasilan ini tak terlepas dari kerja keras dan cerdas menghadirkan yang terbaik kehadapan pembaca. Dia berharap pencapaian ini tetap dipertahankan ke depannya

Ketua SPS Januar P. Ruswita optimistis bahwa media cetak (print) akan terus eksis dan selalu dicari oleh pembacanya. Meskipun gempuran digitalisasi sangat kuat namun media cetak adalah legitimasi sebuah informasi berita.

”Saya melihat insan pers media cetak ini tidak akan hilang begitu saja. Karena sepanjang generasi pembaca masih ada media cetak akan terus dicari. Karena media cetak adalah legitimasi sebuah berita yang valid,” kata Januar.

Lebih lanjut, Januar mengapresiasi media cetak yang semakin kreatif dalam menyajikan informasi maupun perwajahan. Sebab kata dia, perwajahan adalah representasi di dalam berita itu sendiri.

”Saya melihat media cetak sekarang sangat kreatif dan menyajikan informasi lengkap. Mungkin informasi sudah bisa diperoleh di digital namun media cetak memiliki sisi pendalaman informasi sehingga tetap akan dicari oleh pembaca,” pungkasnya. (ms/rls/mal)