Pagaruyuang Team UNP Sukses Raih Podium pada Ajang KMHE 2021 di Surabaya

Mobil hemat energi Pagaruyuang Team UNP yang suksea di ajang KMHE 2021 di Surabaya. foto.dok

Surabaya, Mimbar — Universitas Negei Padang (UNap) kembali meraih prestasi pada ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2021. Universitas Negeri Surabaya (UNS) yang ditunjuk Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai tuan rumah iven yang diselenggarakan pada 1520 November 2021.
KMHE merupakan salah satu program PUSPRESNAS untuk mewadahi kreatifitas mahasiswa dalam merancang dan membangun kendaraan hemat energi, aman, dan ramah lingkungan. Melalui program ini diharapkan mampu menghasilkan mahasiswa yang kreatif, cerdas, dan memiliki integritas serta mampu memberikan solusi positif untuk menjawab tantangan energi masa depan.
Pagaruyuang Team UNP ikut berpartisipasi dalam ajang ini pada kategori Urban Diesel. Pagaruyuang Team UNP merupakan salah satu tim mobil hemat energi Universitas Negeri Padang yang sudah 2 tahun terakhir mewarnai KMHE dan Internasional Shell Eco Marathon Asia (SEMA).
Pagaruyuang Team UNP yang dibimbing oleh Dosen Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNP Wanda Afnison S.Pd, M.T menuturkan bahwa Tim Pagaruyuang saat ini merupakan generasi ketiga yang berisikan mahasiswa terbaik Jurusan Teknik Otomotif yang sudah bekerja intens selama 4 bulan terakhir dalam mempersiapkan kompetisi ini. Pagaruyuang Team UNP generai ke 3 ini dipimpin oleh Manajer Tim Ridho Wahyudi, Divisi Engine & Powertrain: Faisal Amri, Riko Saputra, Syadila Awaldi A.Z, Divisi Chasis & Body: Yanda Septian Pratama, Fauzan Muhammad Aqil, Divisi Vehicle Design: Alamsyah dan Non Tech Division: Syalsabila Ahmad, Cut Indah Meutiarani. Berbagai riset dan optimasi dilakukan Tim dari rancangan sebelumnya agar pada ajang KMHE 2021 ini Tim mampu memperoleh hasil maksimal.
Pada gelaran KMHE 2021 Pagaruyuang Team UNP turun pada kelas Urban Diesel bersama dengan Tim tuan rumah UNESA Surabaya. Jelang race perdana pada Hari Selasa 16 November 2021, kendaraan Pagaruyuang Team UNP yang diberi nama ” Kabau Pacu” wajib melewati serangkaian Technical Inspection untuk memastikan kendaraan layak jalan dan aman saat mengikuti lomba. Alhamdulilah pada hari pertama Pagaruyuang Team UNP sukses memperoleh sertifikat layak Technical Inspection dan mendapatkan izin untuk race pada hari berikutnya.
Dari serangkaian percobaan race yang diberikan, Pagaruyuang Team UNP mampu mencatatkan perolehan angka maksimal pada angka 74 Km/L. Angka ini sekaligus mengunci peringkat Pagaruyuang Team UNP berada pada petingkat 2 Kategori Urban Diesel.
Dihubungi via telpon, Wanda Afnison, mengatakan hasil tersebut sesuai dengan target capaian tim saat ini sesuai improvemen kendaraan yang dilakukan. Wansa juga mengatakan masih ada beberapa optimasi aspek Engine, Powertrain dan sistem rem yang harus dilakukan agar perolegan angka Pagaruyuang Team UNP lebih baik kedepannya.
Tim Pagaruyuang UNP optimis jika optimasi berhasil dilajukan maka peraihan angka konsumsi bahan bakar kendaraan mampu mencapai angka diatas 150 Km/L dan ini menjadi target tim untuk ajang yang sama pada tahun 2022.
Mewakili Tim Pagaruyuang UNP, Wanda mengucapkan terimakasih atas segala bentuk dukungan Universitas Negeri Padang dalam hal ini Bidang Kemahasiswaan yang telah membantu dan mamfasilitasi tim dalam melakukan riset dan pengembangan kendaraan. Serta terkhusus keluarga besar Dosen/Tendik Jurusan Teknik Otomotif membantu tim agar pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan target.
“Semoga kiprah Pagaruyuang Team UNP menjadi motivasi bagi mahasiswa UNP lainnya untuk mampu berprestasi dan mengharumkan nama kampus baik di ajang Nasional ataupun Internasional,” harapnya. (ms/*/ary)

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi Ajak Rektor UNP Berkolaborasi Dalam Penajaman RPJMD 2021-2026

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.