Pejuang Petani, HM. Nurnas Serahkan Alsintan ke Kelompok Tani di 3 Kecamatan di Padang Pariaman

HM Nurnas saat penyerahan alsintan di Pilubang, Ketaping, Kamis (3/8/2023). (foto dok)

PADANG PARIAMAN, mimbarsumbar.id — HM Nurnas, anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Demokrat, pantas disebut pejuang petani dan nelayan. Sebutan itu punya alasan yang jelas dan terukur.

Tiap tahun, anggota DPRD Sumbar Dapil Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman ini menyalurkan ratusan peralatan kebutuhan petani dan nelayan secara bertahap. Kalau untuk peningkatan kesejahteraan petani, HM Nurnas sudah menyalurkan puluhan mesin perontok padi (power thresher), mesin perontok jagung (corn sheller), mesin pemotong rumput (Cultuvator), mesin pompa air untuk mengairi sawah dan ladang, bahkan mesin bajak sawah.

Seperti yang dilakukan anggota DPRD Sumbar tiga periode ini pada Kamis (3/8/2022) di Pilubang, nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Untuk kesekian kalinya HM Nurnas menyalurkan puluhan alsintan panen dan pasca panen.

“Ini tidak dana Pokir (Pokok-Pokok Pikiran). Ambo (saya) harus luruskan dulu, supaya tidak viral lagi soal Dana Pokir Anggota DPRD,” ujar HM Nurnas di hadapan puluhan anggota kelompok tani penerima bantuan

Dikatakan HM. Nurnas, pokir itu berasal dari aspirasi masyarakat saat kegiatan reses anggota dewan ke Daerah Pemilihan, kemudian disampaikan secara resmi di DPRD Sumbar dihadapan Gubernur Sumbar.

“Pokir itu diperjuangan dan jika kuat argumentasi dan datanya, maka OPD/Dinas terkait memasukkan dalam program yang didanai oleh APBD. Alhamdulilah,nsemua aspirasi yang menjadi Pokir saya, diakomodir dalam APBD Sumbar, dan hari ini diserahkan lagi,” ujar HM Nurnas disaksikan Sekretaris Dinas Perkebunan Hortikultural Sumbar Feridnal Asnim dan perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Padang Pariaman serta pemyuluh pertanian Kecamatan Batang Anai, Lubuk Alung dan Ulakan Tapakis.

“Semua Pokir Pak HM. Nurnas di dinas kami semuanya clear and clean, baik administrasi pengadaan sampai ke penyerahan kepada kelompok tani dan kelompok wanita tani di berbagai nagari sasaran Pokir Pak Nurnas,” ujar Ferdinal Asnim.

Sebelumnya Dodi Martin, tokoh masyarakat yang juga Wali Nagari Pungguang Kasiak mengatakan sudah 100 persen aspirasi petani di nagari yang dipimpinnya, telah direalisasikan HM Nurnas.

“Terus terang soal alsintan ini, saya tidak bisa jalan sendiri mewujudkan visi dan misi saya selaku Wali Nagari Pungguang Kasiak, untung ada Pak Haji Nurnas yang mau mendengarkan aspirasi petani di Pungguang Kasik, Pak Nurnas bagi petani indak ado jariah bapantang buliah, Insya Allah 2024 Pak Nurnas jadi mitra petani selalu,” ujar Dodi Martin. (ms/*/ald)