Pembangunan Selesai, Sponsor Utama Masjid Raya Sulit Air Serahkan ke Pemerintah Nagari

Foto bersama usai serahterima Masjid Raya Sulit Air dari sponsor kepada wali nagarali, Sabtu (21/1/2023) di masjid setempat. (foto.ridwan)

Sulit Air, mimbarsumbar.id — Pembangunan Masjid Raya Sulit Air telah selesai dilaksanakan. Ke Keluarga H. Mardjohan Djamin yang mensponsori pembangunan masjid, perpustakaan, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya tersebut, menyerahkan pengelolaannya kepada pihak pemerintahan Nagari Sulit Air, Sabtu (21/01/2023), setelah sholat zuhur di masjid tersebut..

Dalam kegiatan tersebut hadir Camat X Koto Diatas Riswandi Bahaudin, Wali Nagari Nagari Sulit Air Jumaini Anas, S.Sos.M.Si, Ketua MUN Sulit Air Drs. H. Irdizon, Ketua KAN Nasrul, Dt. Rajo Mangkuto, Ketua KUA Idramis Dt. Malakewi, Ketua BPN Hendra), Ketua SAS ( H. Samsudin Mukhtar, Anggota DPRD Solok Drs. Ahmad Purnama, dan Anggota Polsek X Koto Diatas, rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam Forum Media Sulit Air (FORMESA), serta tamu undangan lainnya.

Savero Eddy Yunus selaku cucu tertua dari keluarga almarhum H. Mardjohan Djamin dalam sambutannya menyampaikan ucapkan terima kasih kepada panitia dan masyarakat Sulit Air, yang telah menyokong pembangunan masjid ini.

Baca Juga:  Lawyer Arif Firman Bahctas Teken MoU Dengan LBH-K Wartawan Solok

“Saya selaku cucu pertama dari Almarhum bapak Marjohan Djamin merasa senang sekali, karena cita-cita Almarhum untuk berbakti kepada Nagari yang beliau cintai terwujud dengan cara membangun masjid di kampung halaman. Berharap Masjid ini bisa digunakan kembali sebagai pusat kegiatan keagamaan, untuk dapat melahirkan cendekiawan muslim,” ujar Savero.

Masjid Raya Sulit Air ini, merupakan masjid kebanggaan Masyarakat Sulit Air karena sudah dibangun semenjak tahun 1911 dan melakukan rehab pembangunan terhadap masjid raya ini, sebagai pusat syiar islam.

Setelah ditelusuri oleh media, biaya pembanguan ulang masjid ini menghabiskan biaya lebih kurang 15 Milyar. Pada Maret 2020, masjid raya mulai dirobohkan dan pada tanggal 17 Maret pada tahun yang sama dilakukan peletakkan batu pertama oleh Bupati Solok pada waktu itu, H. Gusmal.

Setelah memakan waktu 2 tahun lebih, akhirnya masjid raya kebanggaan warga Sulit Air selesai dibangun dengan wajah baru dan diserahkan langsung oleh sponsor utama keluarga Marjohan Yamin pada hari ini.

Baca Juga:  Tujuh Nagari di Kabupaten Solok Sudah Jadi 'Kampung Tageh'

Ketua panitia Drs. Irdizon juga mengucapkan terimakasih kepada sponsor utama dan seluruh stakeholder yang terlibat dalam proses pembangunan masjid raya ini.

Juga disampaikan bahwasannya, ada sekitar Rp.293 juta  sumbangan dari masyarakat untuk pembangunan masjid raya ini, dengan program “ambo sato ciek” (kami ikut satu).

“Dana tersebut tetap dimasukkan kedalam pembangunan agar amal ibadah dari niat masyarakat untuk membangun masjid di terima oleh Allah SWT,” ujar Irdizon.

Bangunan Masjid raya ini terdiri dari 2 tingkat, lantai pertama difungsikan sebagai ruang sholat. Sementara di lantai dua (lantai bawah) di pergunakan sebagai pusat penelitian keagamaan, ada ruang pustaka, kantor masjid, dan ruangan sholat cadangan apabila jemaah banyak.

Dalam sambutan pejabat Nagari Sulit Air Jumaini Anas, sangat mengapresiasi putra dan putri Sulit Air yang tergabung dalam Sulit Air Sepakat (SAS), yang perduli terhadap kampung halaman.

Baca Juga:  Politisi PAN Epyardi Asda Ngamuk Ketika Acara Penyerahan Bantuannya Dibubarkan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Solok

“Kita bangga dengan putra putri sulit air yang sering dikenal dengan SAS (Sulit Air Sepakat) yang peduli terhadap kampung halaman. Maka dari itu mari kita satukan pemahaman dan hindarkan pertikaian dan tetap saling tolong menolong dalam kebaikan,” himbau Jumaini.

Selanjutnya ia juga mengajak agar pengelolaan manajemen masjid yang lebih modern, agar dapat membentuk intelektual yang religius.

Pada kesempatan yang sama, H. Samsudin Mukhtar selaku ketua DPP SAS terkagum-kagum dengan wajah baru Majid Raya Sulit Air ini, dan berharap nantinya juga dapat membangun masjid.

“Dalam kebaikan kita harus memiliki semangat untuk berlomba-lomba, sebagai motivasi.” jelas Samsudin.

“Kedepannya DPP SAS siap dengan kebersamaan untuk membangun Nagari Sulit Air kearah yang lebih baik,” pungkasnya. (ms/wan)