Pemkab Dharmasraya Terus Tingkatkan Pelayanan Kependudukan

Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Aula Kantor Camat Asam Jujuhan, Kamis (18/07). foto.dok

ASAM JUJUHAN, MIMBAR —  Pelayanan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dharmasraya dari tahun ke tahun terus menunjukkan perbaikan yang sangat signifikan. Demikian diungkapkan Camat Asam Jujuhan Kabupaten Dharmasraya, Imam Mahfuri di hadapan peserta Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Aula Kantor Camat Asam Jujuhan, Kamis (18/07).
“Alhamdulillah, kami atas nama warga masyarakat Asam Jujuhan mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Bupati dan Wabup, serta stakehorlders Disdukcapil atas komitmen pelayanan yang hari kian baik”, ungkap Imam dalam sambutannya.
Menurutnya komitmen pelayanan prima yang diwacanakan Bupati Dharmasraya sejak dilantik awal tahun 2016 lalu, bukan isapan jempol semata. Hal itu terbukti dengan berbagai kemudahan yang diterima masyarakat dalam rangka mengurus dokumen kependudukan.
Dikatakan, awal tahun 2016 masyarakat masih dibebankan sejumlah biaya administrasi yang bagi sebagian masyarakat sangat membebani, namun beberapa bulan setelah Sutan Riska Tuanku Kerajaan- Amrizal Dt Rajo Medan dilantik, biaya- biaya tersebut langsung dihapuskan.
Selain masalah biaya yang telah dinihilkan, lanjut Imam, prosedur pelayanan juga sudah diperpendek. Tidak ada lagi urusan yang berbelit, bahkan untuk saat ini tidak perlu lagi rekomendasi Walinagari, cukup membawa Kartu Keluarga ke Disdukcapil.
“Oleh karena itu, mengingat dokumen kependudukan merupakan dokumen penting yang harus dimiliki setiap induvidu warga negara, maka kami menghimbau kepada masyarakat kami untuk tidak ragu berurusan ke Disdukcapil”, Imam.
Sementara itu Anisahmi, Kabid Pencatatan Sipil Disdukcapil, selaku narasumber kegiatan, menyatakan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan, khususnya di bidang kependudukan dan pencatatan sipil. Diantaranya penerapkan sistem kounter dan nomor tunggu untuk memperpendek antrian. Bahkan sudah disediakan kounter prioritas untuk pelayanan kepada warga berkebutuhan khusus, wanita hamil dan manula.
“Kami juga saat ini sedang merancang aplikasi berbasis teknologi informasi untuk mempermudah akses pelayanan dan pencatatan sipil”, ungkap Anisahmi.
Dengan demikian kata Asisahmi, pelayanan Disdukcapil sudah berada di ujung jari. “Cukup mengunduh aplikasi di playstore dan appstore pelayanan kami sudah ada dalam genggaman anda”, tambah Anisahmi.
“Insya Allah Bulan September nanti, Bapak Bupati akan melauching pelayanan aplikasi berbasis android tersebut”, tutup Anisahmi. (ms/rls/ald)

Baca Juga:  Tak Apel Pagi, ASN Berdosa Nikmati Tunjangan Penghasilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *