Pemkab Tanah Datar Rutin Gelar Rakor Pengendalian Inflasi 

 

TANAH DATAR, mimbarsumbar.id —  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar rutin melaksanakan rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah yang dilaksanakan secara langsung maupun virtual pada setiap hari Senin.

Rapat koordinasi juga diikuti pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Datar Eka Putra mengatakan rapat koordinasi inflasi bertujuan untuk mengidentifikasi masalah inflasi yang terjadi di Tanah Datar.

“Sehingga dengan adanya koordinasi yang baik antar OPD upaya pengendalian inflasi di Kabupaten Tanah Datar dapat dilakukan secara lebih efisien dan terkoordinasi,” kata Bupati Eka Putra di Batusangkar Kamis, (14/03/2024).

Bupati mengatakan, Tanah Datar merupakan satu-satunya Kabupaten atau Kota yang mewakili Sumatera Barat sekaligus menjadi peringkat satu di wilayah Sumatera dalam pengendalian inflasi pada penghargaan 2023.

Dalam mengendalikan laju inflasi tersebut kata dia, perlu adanya ketersediaan pasokan pangan dan distribusi pangan yang mencukupi seperti tanaman cabai, bawang merah, tomat, beras dan sayuran lainnya.

“Selain menjaga ketersediaan pasokan pangan, Pemkab Tanah Datar juga rutin melakukan kegiatan operasi pasar dalam rangka menstabilkan harga beberapa komoditi yang cenderung meningkat,” kata Bupati.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra untuk mendukung ketersediaan pangan tersebut perlu melaksanakan program ketahanan pangan dalam rumah tangga yaitu dengan menanam tanaman di pekarangan rumah atau dengan polibag.

“Seperti tanaman cabai, bawang merah, tomat dan sayuran lainnya, dan beternak ikan dalam ember bekas, sehingga ketersediaan pangan di keluarga bisa terpenuhi dan tentunya meminimalisir pengeluaran,” kata Ny. Lise Eka Putra. (ms/John)