Pemkab Tanah Datar Sosialisasikan SRIKANDI bagi Perangkat Daerah

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian membuka Sosialisasi dan Bimtek Srikandi di Aula Kantor Bupati Tanah Datar pada Senin, (28/11/2022). (john denis)

Batu Sangkar, mimbarsumbar.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melakukan sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek)  Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (SRIKANDI) bagi Kepala Perangkat Daerah, Kasubag Umum pengelola arsip, serta pengelola arsip dilingkup Sekretariat Daerah Tanah Datar.

Sosialisasi SRIKANDI dibuka Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian SH, MH bertempat di Aula Kantor Bupati Tanah Datar pada Senin, (28/11).

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, mengatakan kearsipan erat kaitannya dengan Tata pemerintahan yang baik dan bersih atau (Good Governance and Clean Government), bahwa bagaimana tatakelola kepemerintahan yang baik itu salah satu unsurnya adalah tata kelola arsip yang baik.

Oleh Karena itu, Wabup Richi sangat mendukung atas terselenggarannya kegiatan sosialisasi tersebut.

“Terimakasih pada Arsip Republik Indonesia serta aparatur di Dinas Kearsipan Tanah Datar atas terselenggaranya sosialisasi ini,” kata Wabup.

Wabup menyebut, Arsip tidak hanya potongan sejarah tapi bisa bermanfaat, sejarah mencatat tata kelola arsip bagi pemerintah menjadi bahan yang sangat penting, tidak hanya untuk melindungi pelaksana di tiap kegiatan tapi juga pertanggung jawaban hasil kegiatan.

Aplikasi SRIKANDI juga sangat bermanfaat sebagai akses informasi kearsipan yang diperlukan oleh publik mengingat peran serta atau pengawasan masyarakat dalam pemerintahan.

“Tentu kita sebagai penyelenggara pemerintahan di setiap uang masyarakat yang kita kelola dapat dipertanggungjawabkan, dan salahsatunya dengan system tata kelola arsip yanag baik. KKamiberharap pada Perpustakaan dan Kearsipan agar tetap dilakukan pembinaan. Tolong di update enam bulanan, tapi yang penting tolong dilakukan pembinaan secara berkala,” harap Wabup.

Sebelumnya Panitia Pelaksana Liza Martini, mengatakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi semua perangkat daerah mengenai pemanfaatan aplikasi Srikandi agar dapat mewujudkan pelayanan administrasi pemerintahan dibidang kearsipan dinamis yang berkualitas dan terpercaya.

Mewujudkan keseragaman dan keterpaduan kearsipan dinamis berbasis elektronik, mewujudkan tatakelola pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel melalui penerapan system pemerintahan elektronik dibidang kearsipan dinasmis di Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar.

“Serta menyamakan persepsi akan pentingnya peran perangkat daerah secara dinamis dan elektronik,” katanya. (ms/jon)