Pemuda Ikut Jaga Perayaan Misa Malam Natal di Pasaman Barat

Pasaman Barat, Mimbar — Perayaan Misa malam Natal di sejumlah gereja yang berada di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (24/12) malam berjalan lancar, aman, dan kondusif.

Pantauan di sejumlah gereja, pelaksanaan Misa malam Natal mulai dilakukan sejak pukul 19.30 WIB.

“Sejauh ini perayaan Misa malam Natal berjalan lancar dan aman. Pemuda yang ada di sekitar juga ikut menjaga keamanan bersama pihak keamanan,” kata Camat Luhak Nan Duo Pasaman Barat, Ahmad Hanif di Simpang Empat, Selasa malam.

Menurutnya di Kecamatan Luhak Nan Duo ada sejumlah gereja yang melaksanakan perayaan Natal. Sejauh ini pelaksanaannya berjalan dengan aman dan lancar.

“Khusus di wilayah Ophir, karang taruna pemuda setempat ikut menjaga keamanan sebagai bentuk toleransi antar sesama,” ujarnya.

Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Pasaman Barat, Dodi Ifanda mengatakan perayaan Misa malam Natal berjalan dengan aman dan tertib.

Baca Juga:  Visi Misi Balonbup Pasbar Marta Gunawan Pukau Tim Seleksi Partai Gerindra

“Seperti terlihat pada jemaah Romo Ansel Muslihin sekitar 500 orang jemaah melaksanaan misa malam Natal yang berjalan dengan aman dan kondusif,” katanya.

Wisnu pemuda Ophir menuturkan “Kegiatan Pemuda malam natal ini menjaga tempat peribadatan, situasi sampai saat ini berjalam aman dan kondusif, dibantu oleh pengaman pemuda sebanyak 22 orang”

“ini adalah salah satu program Pemuda Pemudi Karang Taruna Bersatu Ophir, dalam membantu dan toleransi antar sesama, untuk menjalin silaturahmi” jelas Wisnu

“Adapun gereja di Kejorongan Ophir diantaranya. Gereja St Yohannes Pembabtis jumlah personel pemuda karang taruna ophir membantu keamanan sebanyak 8 orang.
Gereja GPIB Sekunder I pemuda Karang Taruna Ophir membantu keamanan sebanyak 8 orang. Gereja GPDI Sekunder I Pemuda Karang Taruna membantu keamanan sebanyak 6 orang” jelas Wisnu

Baca Juga:  Gerindra Pasbar Bagikan Seribu Masker pada Pengendara

Wisnu menambahkan “Begitu juga dengan perayaan hari besar Islam seperti Hari Raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha, pemuda dari Non Muslim juga ikut berpartisipasi dalam membantu seperti parkir dan penertiban kendaraan bermotor di Mesjid di Ophir ini ,”.

Salah seorang Diaken Gereja Protestan di Indonesia Barat (GPIB) Effata Ophir, Abdi Tarigan mengatakan pelaksaan rangkaian Natal berjalan aman dan lancar.

“Tidak ada gangguan selama kami beribadah. Warga saling menghargai dan saling menjaga,” katanya.

Pantauan langsung Kasat Pol PP PASBAR Edward Hadinata,S.STP M.Si, “Pribadatan malam misa natal 2019 terpantau lancar dan aman di sejumlah titik tempat ibadah (gereja) di Pasbar dan terimakasih seluruh masyarakat yang berpatisipasi dalam pengaman natal 2019 baik dari ormas,pemuda terutama pihak TNI POLRI, dan FKDM Pasbar” jelas Erward. (ms/dod)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *