Penyempurnaan RPJMD 2018-2023, Diperkim LH Padang Panjang Lakukan Uji Publik

Walikota Padang Panjang Fadly Amran menjadi narasumber uji publik kajian lingkungan yang digelar Diperkim LH. (foto.dok)

PADANG PANJANG, MIMBAR — Untuk menyempurnakan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023, Dinas Perumahan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kota Padang Panjang mengadakan uji publik II pembuatan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) di Aula Bappeda, Selasa (21/9).

Uji publik KLHS yang dilakukan berguna untuk memberikan rekomendasi agar pembangunan terlaksana baik, dengan dampak lingkungan seminimal mungkin atau tanpa dampak lingkungan.

Wali Kota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano yang juga menjadi narasumber pada kegiatan ini mengatakan, setiap rencana yang akan dilakukan sebaiknya memperhitungkan dampaknya terhadap lingkungan.

“Setiap apa saja rencana yang akan kita susun, wajib memperhitungkan daya tampung dan daya lingkungan hidup untuk antisipasi bencana dan permasalahan lingkungan yang akan terjadi. Begitu juga dengan KLHS ini perlu disusun sebelum membuat RPJMD, agar perubahan RPJMD ini menjadi dokumen yang pro SDG’s,” ujarnya.

Baca Juga:  Ampera Salim Berikan Tausyiah di Tadarusan dan Buka Bersama Kominfo Padang Panjang

Sustainable Development Goals (SDG’s) di antaranya agenda pembangunan dunia untuk keselamatan manusia, mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Adapun tujuan dari SDG’s ini yaitu tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industri, inovasi dan infrastruktur. Berkurangnya kesenjangan, kota dan komunitas berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem laut dan darat, perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh serta kemitraan global.

Baca Juga:  Dilengkapi Konselor, Rumah Healing Padang Panjang jadi Tempat Pemulihan yang Nyaman

Wako Fadly Amran juga menyebutkan, nantinya KLHS ini agar dipedomani semaksimal mungkin dalam menyusun perubahan RPJMD. Dirinya juga berterima kasih kepada Disperkim LH dan tim penyusun KLHS perubahan RPJMD.

Dalam uji publik II ini dihadirkan narasumber Dr. Ardinis Arbain dan Dr. Mahdi, tenaga ahli dari Universitas Andalas yang juga membantu dan mendampingi penyusunan KLHS perubahan RPJMD.

Turut hadir Asisten III Pembangunan dan Perekonomian, Iriansyah Tanjung, SE, M.Si, kepala OPD, kepala Bank Nagari Cabang Padang Panjang, Baznas, ketua Forum Kota Sehat. (ms/shintia)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.