Pertemuan Gubernur Sumbar Dengan Dubes Arab Saudi, Terbuka Peluang Kerjasama

Pertemuan Gubernur Sumbar dengan Dubes Arab Saudi di Jakarta. foto.dok

Jakarta, Mimbar — Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah bertemu dengan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, di kediaman dubes, Rabu (17/11/2021) di Jakarta.

Berbagai hal tentang peluang kerjasama di sektor pendidikan, sektor perekonomian dan sektor investasi penanaman modal, menjadi pembicaraan kedua pihak. Tentu ini peluang bagaimana meningkatkan kerjasama ini dalam memajukan pembangunan di Sumatera Barat.

Gubernur Sumbar didampingi Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Marliosni, dan Staf Khusus Kerjasama Luar Negeri dan Negara Timur Tengah, Dr. Muhammad Zen dan H. Hendri Susanto, Lc.

Dikonfirmasi setelah pertemuan yang dimulai sejak pukul 15.00 WIB ini, Buya Mahyeldi mengaku sangat terkesan dan tersanjung atas jamuan yang diberikan oleh Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia ini.

Baca Juga:  Menteri Basuki Perintahkan Perlebar Alur Sungai dan Relokasi Rumah di Sekitar Lokasi Banjir Bandang Kota Batu

“Sungguh sebuah pertemuan yang sangat bersahabat dan bermanfaat. Kami berbincang mengenai banyak hal yang sangat konstruktif, terutama tentang berbagai peluang untuk bekerjasama di sektor pendidikan, perekonomian dan penanaman modal. Dan kita berterima kasih kepada Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi yang telah menjamu memfasilitasi pertemuan ini ,” ujar Mahyeldi.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sumbar secara khusus juga memohon kesediaan Kerajaan Arab Saudi untuk menerima juara MTQ Tafsir Al-Quran yang hafal 30 juz dari Sumbar untuk diterima di salah satu perguruan tinggi Saudi Arabia melalui jalur khusus.

“Kita senang dan bangga Saudi Arabia mau menerima permohonan juara MTQ Tafsir Al Qur’an diterima di salah satu perguruan tinggi di Saudi Arabia dikabulkan, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi  sebagai perwakilan Kerajaan Arab Saudi di Indonesia,” ungkap Mahyeldi.

Baca Juga:  Gubernur Temui Deposan Soal Konversi Bank Nagari ke Syariah, Hidayat Pertanyakan Kapasitas MES

Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi juga menilai bahwa pertemuan dengan Gubernur Sumatera Barat ini sebagai pintu masuk kerjasama Kerajaan Arab Saudi dengan daerah-daerah di Pulau Sumatera. Menawarkan kepada gubernur Sumbar untuk mengundang 18 negara Timur Tengah yang memiliki perwakilan di Indonesia untuk datang ke Sumatera Barat.

“Insya Allah kita akan menyambut baik kedatangan para Duta Besar negara-negara sahabat kita di Timur Tengah di Sumatera Barat. Semoga semakin kuat ukhuwah, maka semakin banyak kebaikan yang dapat kita perbuat bagi masyarakat luas, khususnya bagi masyarakat Sumbar” harap Mahyeldi.  (ms/*/ald)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.