Pimpin BUMM PT. Sumbarmu Amal Sinergi, Gun Sugianto Siap Produktifkan Aset Muhammadiyah

Ketua PWM Sumbar, Dr. Bakhtiar melantik majelis dan Ketua Majelis Ekonomi yang dipimpin oleh Gun Sugianto, SH, MH, Sabtu (11/3/2023) di aula kampus Muhammadiyah Sumbar. (foto.dok//ist)

PADANG, mimbarsumbar.id — Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar melaunching PT. Sumbarmu Amal Sinergi sebagai Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM) yang dipimpin oleh Gun Sugianto, SH, MH.
Launching yang bersamaan dengan pelantikan beberapa Majelis, Lembaga dan Badan di lingkungan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, dilakukan oleh Ketua Umum PWM Sumbar, Dr.Bakhtiar, MA, l di Convention Hall Prof. Dr. Ahmad Safii Maarif, M.A Kampus I Padang Universitas Muhammadiyah Sumbar, Sabtu (11/3/2023).
Saat prosesi launching, juga dilakukan penekanan tombol penayangan video launching PT. Sumbarmu Amal Sinergi oleh Ketua Umum PWM Sumbar, Bakhtiar didampingi Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Drs. Hansastri, MM, Wk. Ketua PWM Sumbar Ir. Yosmeri Yusuf, Ketua Majelis Ekonomi PWM Sumbar Gun Sugianto, S.H.,M.H. Sekretaris Majelis Ekonomi PWM Sumbar M. Taufiqur Rahman, S.Sos yang dihadiri oleh segenap Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar lainnya.
Juga terlihat hadir segenap pimpinan dan anggota Majelis, Lembaga dan Badan serta badan otonom di lingkungan Muhammadiyah, diantaranya PW. Aisyiah Sumbar, PW. Pemuda Muhammadiyah Sumbar, PW. Nasiatul Aisyiah Sumbar, DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sumbar, PW. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sumbar, Pimwil Tapak Suci Putera Muhammadiyah Sumbar dan Kwartir Gerakkan Kepanduan Hizbul Wathan Sumbar.
Dalam sambutannya, Ketua Umum PWM Sumbar Bakhtiar mengatakan bahwa pembentukan BUMM sesuai dengan amanat Anggaran Dasar Muhammadiyah Bab II Pasal 3 ayat 8 yaitu Membimbing masyarakat ke arah perbaikan kehidupan dan mengembangkan ekonomi sesuai dengan ajaran islan.
“Hal ini mengartikan bahwa Persyarikatan Muhammadiyah di perlukan untuk mendirikan badan usaha untuk mengelola asset-aset dan Amal Usaha Muhammadiyah yang sudah berjalan,” ucap Bakhtiar.
Dr. Bakhtiar menambahkan bahwa dasar pendirian Badan Usaha ini juga merupakan amanat Keputusan Muktamar Muhammadiyah Ke-47 Tahun 2015 yang mencanangkan bahwa Gerakan ekonomi merupakan pilar ketiga dalam gerakan dakwah Muhammadiyah, setelah pilar Pendidikan dan pilar sosial.
“Pendirian Badan Usaha ini juga merupakan amanat Muktamar Muhammadiyah ke-48 Tahun 2022 dan keputusan Musyawarah Wilayah (MUSYWIL) Muhammadiyah Sumatera Barat Tahun 2022,” ungkap Dr. Bakhtiar.
Dr. Bakhtiar mengharapkan Majelis Ekonomi yang dipimpin Gun Sugianto yang sekaligus ditugaskan memimpin BUMM PT. Sumbarmu Amal Sinergi, beserta seluruh Anggota Majelis Ekonomi yang telah dilantik dapat menjalankan amanah ini sebaik-baiknya dengan mengelola potensi ekonomi yang ada di internal persyarikatan Muhammadiyah.
“Semoga menjadi sebuah korporasi usaha Muhammadiyah, termasuk menggarap potensi yang ada di eksternal Muhammadiyah,” ucap Dr. Bakhtiar.
Usai pelantikan, Ketua Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Muhammadiyah, Gun Sugianto, S.H.,M.H. kepada awak media menyatakan kesiapan menerima dan menjalankan Amanah yang dipercayakan.
“Insyaallah, saya siap menerima amanah sebagai ketua majelis ekonomi, bisnis dan pariwisata. Juga siap memimpin BUMM PT. Sumbarmu Amal Sinergi, yang nantinya akan menjadi Perusahaan Induk (Holding Company) menaungi amal-amal usaha Muhammadiyah,” tegas Gun Sugianto, yang juga Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) Sumbar.
Selain itu, lanjut Gun Sugianto, Holding Company ini didirikan sesuai dengan bidang usaha yang akan menggarap potensi-potensi bisnis yang ada di internal maupun yang berada di eksternal Persyarikatan Muhammadiyah, dan akan bekerjasama dengan instansi Pemerintah/BUMN/BUMD/Swasta sekaligus akan bersinergi dan berkolaborasi dengan sekitar 470 unit amal-amal usaha Muhammadiyah yang sudah berjalan.
“Kita juga akan memproduktifkan asset-asset Persyarikatan Muhammadiyah baik berupa tanah maupun bangunan yang selama ini tidak produktif yang jumlahnya sekitar 750 lokasi tersebar di Kabupaten/Kota di Sumbar,” pungkas Gun Sugianto. (ms/ald)