PKP UNP Lombakan Inovasi Aplikasi Nilai-nilai Pancasila Hadapi Pandemi Covid-19

Padang, Mimbar — Pusat Kajian Pancasila (PKP) Universitas Negeri Padang (UNP) menginisiasi perlombaan video Animasi, Pidato ala Bung Karno dan penulisan essay.

Menurut Ketua Panitia Lomba, M Junaid Indrawadi, menghadapi pandemi Covid-19, generasi milenial khususnya mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila pun diperlombakan. Kemunculan beragam ekpresi menghargai jasa parah pahlawan akan menjaga eksistensi dalam kehidupan bermasyarakan, berbangsa dan bernegara. Berbagai jenis lomba pun disemarakan guna membangun solidaritas kebangsaan menghadapi Pandemi Covid-19.

“Kegiatan lomba ini Memperingati 75 Tahun Kelahiran Pancasila mengadakan lomba tersebut dari 2-25 Mei 2020. Tahapan penilaian oleh dewan juri, tanggal 26 sampai dengan 30 Mei 2020. Pengumuman pemenang disampaikan tanggal 1 Juni 2020 melalui website:
pkpancasila.unp.ac.id,” ujar dia kepada wartawan, Kamis (6/6).

Dr M Junaidi yang juga Ketua PKP UNP menjelaskan
lomba terbuka bagi seluruh mahasiswa aktif Program D-3 dan S-1 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dan pendaftaran lomba ini tidak dipungut biaya atau Gratis.

Baca Juga:  Sepuluh Mahasiswa UNP Ikut KKN Bersama  PTN Wilayah  Barat

Peserta mengikuti lomba secara individu dan hanya diperbolehkan mengikuti satu jenis perlombaan. Video animasi, naskah pidato dan essay ilmiah merupakan hasil karya original peserta, dan belum pernah dipublikasikan di media manapun serta dalam bentuk apapun. Jika ditemukan adanya kecurangan/plagiarisme maka peserta akan dianulir.

Setiap hasil karya tidak mengandung unsur pornografi, isu SARA, dan hal-hal lain yang
bertentangan dengan Pancasila dan setiap hasil karya harus mencerminkan karakter dan nilai-nilai luhur Pancasila.

Ketentuan khusus lomba untuk video animasi temanya adalah Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Suasana Pandemi Covid19. Video dibuat dengan durasi 7 sampai 10 menit dan diawali dengan tampilan perkenalan peserta dan tujuan pembuatan video, kriteria yang dinilai kesesuaian substansi video dengan tema, desain grafis, kreatifitas dan inovasi.

Baca Juga:  UNP Tampilkan 66 Paper di Coaching Clinic Scopus

“Untuk lomba Pidato ala Bung Karno, temanya Refleksi 75 Tahun Pancasila berdurasi 7 sampai 10 menit,” ujar dosen FIS UNP ini.

Lomba essay tema yang diusung adalah Pancasila dalam Perspektif Generasi Milenial. Naskah terdiri dari 3 bagian (pendahuluan-isi-penutup), Naskah ditulis dengan panjang 2000-3000 kata.

Terakhir, bagi peserta lomba Video Animasi dan Pidato ala Bung Karno di unggah di kanal youtube kemudian mencantumkan link saat pendaftaran. Bagi peserta lomba Essay dikirim melalui email: pkpancasila@unp.ac.id dengan format: PKPUNP_nama_institusi dengan mencantumkan format essay saat pendaftaran. Link Pendaftaran: https://bit.ly/2z3RlYs. (ms/agep)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.