PKS dan Gerindra Koalisi? Ini Dia Cawagub Mahyeldi

 

PADANG, mimbarsumbar.id — Bergerak cerita warung kopi kalau PKS dan Gerindra berkoalisi di Pilkada Sumbar 2024, sahih kah???

Melihat dari lobi intens digelar elit PKS maupun Gerindra seperti koalisi dua Parpol pengusung Capres berbeda tinggal selangkah lagi.

“Dari tracking kita dan fashion elite dua Parpol itu, kayanya PKS-Gerindra berkoalisi di Pilgub Sumbar 2024. Tunggu tanda tangan saja lagi,” ujar Ketua Jaringan Pemred Sumbar (JPS) Adrian Tuswandi saat obrolan ngopi pagi, Senin (1/7-2024) di sebuah warung kopi di Padang.

Terus kalau koalisi peraih suara terbanyak pertama dan kedua pada Pemilu 2024 terjadi, artinya kata Toaik, biasa Ketua JPS ini disapa, calon petahana Mahyeldi sudah punya Cawagubnya, siapa sosok jadi Cawagub dari Cagub Petahana itu?

Dari penelusuran Tim Pilkada JPS, menurut Toaik, dipastikan Cawagub Petahana Mahyeldi adalah kader dari Partai Gerindra, Vasko kah, atau ada calon lain.

“Dari gestur dan fashion serta lobi dilakukan Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, arahnya ya ke Vasko Ruseimy, bahkan dari obrolan banyak kalangan di sekitar Rumah Bagonjong (kantor gubernur) Mahyeldi-Vasko tinggal deklarasi dan didaftarkan ke KPU Sumbar,* ujar Toaik mengabarkan pada diskusi pagi tadi itu.

Tapi politik adalah last minute, di Gerindra punya mekanisme menentukan Paslon diusung, yaitu panitia seleksi, para calon dipanggil ke DPP, apa putusan setelah itu baru bisa disebut resmi,” ujar Toaik lagi.

Menurut data JPS, banyak kader Gerindra yang memiliki popularitas dan elektabilitas bagus selain Vasco.

“Tidak bung Vasco saja, dari catatan kaki, ada Indra Catri dan Sam Salam, keduanya punya Hooligans Elektoral,,” ujar Toaik.

Sedangkan pemerhati politik Sumbar DR Febby Dt Bangso mengatakan, acap kali penentuan Paslon di Pilkada bertolak belakang dari daerah dengan pimpinan pusat Parpol.

“Kita lihat saja keputusan finalnya, tapi terkait Dt Indra Catri saya lebih cendrung maju jadi Cawagub Mahyeldi, Indra Catri punya basis elektoral pasti dan pengalaman good governance yang mumpuni,” ujar DR Febby.

Toaik sendiri masih meyakini Paslon Petahana Wagub Sumbar saat ini yaitu Audy Joinaldy.

“Saya masih optimis Cawagub petahana adalah Bro Audy Joinaldy, ini melihat tiga tahun lebih Mahyeldi-Audy solid dan jauh dari pertikaian dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan di Sumbar ini,” ujar Toaik.

Sekarang kata Toaik, sudah awal Juli, tentu pendaftaran semakin dekat.

“Ingat, putaran waktu politik itu kencang, jadi semakin dekat hari H (pendaftaran bakal calon) maka semakin menyala lah Pilkada Sumbar 2024,” ujar Toaik yang di berbagai whatsapp group mencuitkan #SafeAudy #ApaSalahAudyBuya. (ms/*/ald)