PPID Utama Dharmasraya Belajar Tatanan Informasi Publik Terintegrasi ke Pessel

PPID Utama Kabupaten Dharmasraya dipimpin Budi Waluyo berkunjung ke Kabupaten Pessel. foto.dok

Painan, Mimbar — Niat Kabupaten Dharmasraya untuk memperbaiki peringkat dalam hal pelayanan informasi publik terus membara. Bagian Humas Setkab yang ditunjuk menjadi PPID Utama, masih bajibaku menyempurnakan pola keterbukaan informasi publik. Salah satunya berguru ke PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan untuk melihat latanan informasi publik terintegrasi pada Jumat (5/10/19).

PPID Kabupaten Pesisir Selatan merupakan satu satunya di Sumatera Barat yang telah menerapkan layanan informasi publik secara terintegrasi. Layanan informasi publik terintegrasi adalah merupakan rangkaian layanan informasi publik dari semua OPD, termasuk nagari yang diintegrasikan dalam sebuah website. Dengan begitu, masyarakat yang menginginkan informasi dari pemerintahan daerah, cukup membuka website PPID. “Kami sudah punya tujuh ribu informasi,” kata Junaidi, S.Kom, M.Si.

Baca Juga:  Kabut Asap Masih Berbahaya, Bupati Dharmasraya Perpanjang Libur Sekolah

Junaidi yang sangat paham dengan seluk beluk keterbukaan informasi publik, itu kepada delegasi PPID Kabupaten Dharmasraya, menjelaskan, jika ada informasi publik yang belum tersedia oleh PPID, maka masyarakat bisa meminta kepada PPID Utama melalui sebah aplikasi. Jadi pemenuhan informasi untuk masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan benar benar terjamin.

Sharing informasi PPID Kabupaten Dharmasraya ke PPID Kabupaten Pesisir Selatan diikuti oleh 25 peserta, yang terdiri atas kameramen photo, kameramen video, operator website, petugas disain gravis dan para punggawa PPID Utama yang mangkal di Bagian Humas Setda. Dipimpin langsung oleh Kabag Humas Setda Kabupaten Dharmasraya, Budi Waluyo. Berlangsung sehari penuh di Kota Painan.

Baca Juga:  Bupati Sutan Riska Melayat ke Rumah Bocah Kecebur Sumur

Krew PPID Utama Kabupaten Dharmasraya itu juga diajak menyaksikan pengendalian internet, desk layanan PPID dan juga meninjau serta talkshow di studio radio Lengkisai yang lokasinya tak jauh dari oantor Dinas Kominfo di Komplek Kantor Bupati. “Kami juga diberi kesempatan untuk melakukan simulasi pelayanan informasi publik,” imbuh PPID Utama Kabupaten Dharmasraya, Budi Waluyo. (ms/rls/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *