PT Bukit Raya Mudisa Salurkan Bantuan untuk Sekolah dan Masyarakat di Wilayah Operasionalnya

Humas PT BEM, Endri Wahyudi, secara simbolis menyerahkan 80 sak semen kepada Yeni Yenti Puspa, humas SMAN 1 IX Koto. (foto/dok/hms)

DHARMASRAYA, mimbarsumbar.id – PT Bukit Raya Mudisa (BRM), perusahaan yang bergerak dalam bidang Hutan Tanaman Industri (BTI) di Kabupaten Dharmasraya, Sijunjung dan Solok Selatan, kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat sekitar operasional perusahaan.

Kali ini, PT BRM menyalurkan rangkaian program Community Developmentnya dalam bidang pendidikan, pengembangan ekonomi dan keagamaan.

Di Nagari Banai, Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, PT BRM menyerahkan 1 unit hand tracktor kepada Kelompok Tani Karya Teladan Nagari Banai.

Supardi, ketua Poktan Teladan menyebutkan, dari 39 KK anggota Poktan yang aktif saat ini mayoritas terdiri dari orang tua. Sehingga mengalami keterbatasan tenaga untuk mengolah tanah. Jika harus menyewa tractor, harga dinilai cukup mahal. Sehingga memberatkan untuk petani.

“Bantuan hand tracktor ini sangat bermanfaat bagi kami, selain untuk anggota, nantinya mesin juga akan disewakan untuk masyarakat desa, namun dengan harga yang lebih murah dibanding dengan harga sewa umumnya,” jelas Supardi.

Pada sektor pendidikan, PT BRM menyalurkan 80 sak semen untuk perbaikan jalan SMA N 1 IX Koto.

Yeni Yenti Puspa, S.Pd, wakil kepala sekolah bidang humas menjelaskan posisi gedung sekolah yang berada d perbukitan menyebabkan rawan longsor khususnya di musim hujan saat ini. Sehingga beberapa bagian butuh ditembok.

Jalan utama yang masih terdiri dari tanah merah akan berlumpur dan licin saat hujan, sehingga berbahaya untuk dilalui dengan berjalan kaki apalagi dengan kendaraan.

“Sudah sejak lama sekolah dan komite berencana memperbaiki jalan dan tembok di sebelah musala, dengan bantuan ini Alhamdulillah rencana itu bisa terlaksana,” pungkas Yenti.

Sementara itu Endri Wahyudi, Humas PT BRM, menjelaskan selain hand tracktor dan semen di IX Koto, PT BRM juga mendistribusikan 80 sak semen untuk pembangunan Musala di Nagari Sei Kambut, Kecamatan Pulau Punjung. Perlengkapan olah raga untuk Karang Taruna Nagari Koto Nan IV di Bawuah berupa kostum bola kaki dan voli masing-masing 1 set, bola voli 2 pcs. Dan yang terakhir bantuan mobiler untuk TPA Nagari Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan berupa meja 1/2 biro 2 set, kursi besi 2 buah dan Alquran terjemahan 20 pcs.

Hendri melanjutkan pendistribusian bantuan tersebut dimulai pada 30 November hingga 4 Desember 2023 lalu. Bantuan ini merupakan bagian dari tanggung jawab dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar operasional perusahaan, tutup Endri. (ms/*/ald)