Rabab Pasisia Meriahkan Malam Pengukuhan pengurus IKWAL Kota Padang

Foto bersama pengurus IKWAL Kota Padang dengan para tokoh Lengayang, Sabtu (4/3/2023) di Asrama Haji Padang. (foto dok/jon)

PADANG, mimbarsumbar.id –Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Wilayah Lengayang (IKWAL) Kota Padang, dihadiri Mantan Bupati Pessel H. Hendrajoni, SH. MH dan Tokoh Masyarakat Lengayang di Kalimantan Selatan, H. Martius.

Acara pengukuhan berlangsung di Aula Asrama Haji lama Jl. H. Rasuna Said Padang, Sabtu (4 /3/2023).
“Alhamdulillah pelantikan kepengurusan IKWAL periode 2022 -2023 dengan tema Saiyo Sakato Sairing Sajalan Basamo mangko Jadi. Organisasi ini bersifat sosial dan saling peduli sesama masyarakat Lengayang yang ada di perantauan khususnya kota Padang,” ujar ketua terpilih Sabaruddin, SE saat diwawancarai usai Pelantikan.

Pada Kesempatan berbeda, Mantan Bupati Pessel Hendrajoni  dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan kepengurusan yang baru semoga bisa dijadikan wadah berkumpul bagalak bagalak dan mencarikan solusi bagi warga Lengayang baik alek buruk maupun alek baik.

“Semoga IKWAL ini dapat mengemban tugas tugas sosial untuk masyarakat Lengayang yang ada di perantauan,” harap Hendrajoni.
Di dalam kepengurusan yang baru periode 2022- 2023, terdapat Salah seorang tokoh Agama Kompol H. Syafrizen, S.H, anggota Kapolres Mentawai sebagai Ketua Bidang Seksi Dakwah Hukum dan Adat.
Juga seorang generasi muda Muhammadiyah Hamzah duduk sebagai ketua bidang Kajian Strategis .
Pada Kesempatan terpisah Perantau dan Tokoh Masyarakat Lengayang, pengusaha dari Kalimantan Selatan H. Martius sengaja Pulang kampung ke Padang untuk menghadiri pelantikan kepengurusan IKWAL.  Dia berpesan kepada seluruh warga masyarakat Kambang Lengayang yang ada  di seluruh Indonesia agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan dalam wadah Ikwal ini.

“Ikwal ini harus tanggap dengan apa apa persoalan sosial maupun dalam memberikan bantuan, kalau adanya musibah bencana Alam di nagari kita Lengayang maupun Sumatera Barat ini. Kita yang di rantau siap membantu dan bersedia memberikan bantuan,” tutur H. Martius

Pelantikan dan pengukuhan Organisasi Sosial Ikwal ini juga dimeriahkan dengan tarian minang dan kesenian Budaya Rabab Pesisir selatan. (ms/rijon)