Raflis Terima AMP, Sekretariat DPRD Sumbar Informatif dan Meraih Peringkat 1

Sekwan Raflis menerima penghargaan Keterbukaan Informasi dari Gubernur Sumbar Mahyeldi, Senin (12/12/2022). (foto.dok/riko)

PADANG, mimbarsumbar.id — Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat meraih anugerah sebagai badan publik Informatif dalam kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Se Sumatera Barat Tahun 2022.

Tidak tanggung-tanggung, jarak nilai sekretariat DPRD Sumbar untuk meraih informatif memang jauh dengan peringkat II dan III, sehingga kelayakan tersebut membuat KI melakukan penilaian khusus pada Sekwan H. Raflis. SH, MM untuk menerima Achiepment Motivation Person (AMP).

Dasar penilaian lainnya, H. Raflis SH. MM Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat dalam meraih Achievement Motivation Person Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022 Komisi Informasi Sumatera Barat, karena telah memperoleh dua kali berturut- turut predikat informatif satu- satunya OPD yang Informatif.

Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat di bawah “komando” Raflis juga meraih Anugerah Juara 1 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Anugerah diserahkan Gubernur Sumbar Mahyeldi didampingi Wakil Ketua KI Pusat, Ketua KI Provinsi Sumatera Barat yang terima langsung Raflis Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat di saat Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, Anugerah Achivement Motivation Award, dan Anugerah Buka Award untuk 2022 di Truntum, Padang, Senin, 12 Desember 2022.

Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat Raflis mengatakan, pihaknya bertekad dalam Implementasi UU nomor 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kita sengaja bersama jajaran dalam mengelola dan menyediakan informasi untuk masyarakat, sekretariat DPRD berupaya maksimal untuk selalu terbuka, sesuai amanah UU Keterbukaan Informasi,” ujar Raflis.

Menurut Raflis, pihaknya melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat berkomitmen akan amanat Undang-Undang 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagai layanan transparansi informasi publik dalam penyelenggaraan pemerintahan lembaga Setwan sebagai badan publik kepada masyarakat.

“Visi PPID DPRD, terwujudnya pelayanan informasi sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat dan kinerja pelayanan informasi yang transparan, bertanggungjawab sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dan misi meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas serta meningkatkan infrastruktur pelayanan dan kopetensi sdm pengelola PPID pelaksana Sekretariat DPRD Prov Sumbar,” ujar Raflis.

Lanjut Raflis akrab disemua kalangan ini, pihaknya melalui layanan PPID Sekretariat DPRD meningkatkan, sarana dan prasarana, memberikan layanan Informasi Publik, maklumat pelayanan, kebijakan standar biaya perolehan informasi tidak dipungut biaya.

“Ada SOP Layanan Informasi Publik, menyediakan Kios Layanan PPID serta menyediakan ruang Sekretariat PPID Provinsi Sumatera Barat,” ujar Raflis sembari tersenyum.

Dikatakan Sekwan Raflis, Sekretariat DPRD menyediakan berbagai layanan informasi dengan mengakses website resmi atau bisa juga dengan langsung datang ke kantor Sekretariat DPRD Provinsi Sumbar tepatnya ke Kios Layanan PPID menyediakan layanan permohonan informasi publik baik secara manual dan melalui komputer layanan.

“Dapat diakses melalui website DPRD Provinsi Sumatera Barat dan menu PPIDhttp://dprd.sumbarprov.go.id/home,” ujar Raflis sembari tersenyum khasnya ini.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, badan publik (BP) yang ada di Sumbar, harus serius dan komitmen laksanakan keterbukaan informasi publik (KIP) di instansinya masing-masing.

“Alasan saya meminta badan publik di Sumbar untuk serius terapkan keterbukaan informasi publik, agar kinerja dan pelayanan dari tiap badan publik ini bisa diketahui masyarakat, sehingga hal itu menambah kepercayaan publik terhadap badan publik itu,” ujar Mahyeldi.

Ketua Pelaksana yang merupakan wakil ketua Komisioner Komisi Informasi Arif Yumardi mengatakan, pihaknya berharapkan Badan Publik meraih terus meningkatkan semangat keterbukaan.

“Selamat kepada pemenang, semoga Sumatera Barat terus menjadi Provinsi Informatif,” ujar Arief Yumardi.

Ketua Ki Sumbar Nofal Wiska mengatakan, Anugerah Award adalah merupakan 4 kali di gelar. Tujuan utamanya menciptakan dan memasifkan keterbukaan Informasi. KI Sumbar terus berkomitmen untuk terus mendorong Keterbukaan pada badan Publik sehingga membumi di Sumatra Barat.

“Kepercayaan masyarakat sangat sulit diraih, baik Itu Provinsi maupun didaerah, untuk Itu kami terus mendorong pada badan publik untuk terus berbenah akan lebih baik lagi dalam keterbukaan bagi masyarakat,” ujar Nofal.

Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Arya Sandhiyudha mengatakan, pihaknya meapresiasi Pemprov Sumatera Barat dan PPID daerah menunjukkan performance baik akan keterbukaan

“Selamat kepada Kl Sumbar yang telah menggelar apresiasi dalam Anugrah Keterbukaan Informasi Publik, Sukses,” ujarnya

Tampak juga hadir beberapa kepala daerah diantaranya, Beni Utama, Bupati Pasaman, Sutan Riska, Bupati Dharmasraya, Fadli Amran, Walikota Padang Panjang, Khairunnas Bupati Solok Selatan.(ms/adv/ald)