Rakor Pengawasan Pencalonan DPD dan DPRD, Alni Minta Anggota Bawaslu Kabupaten Kota Tidak Lengah

Ketua Bawaslu Sumbar Alni SH MKn saat membuka Rakor Pengawasan Pencalonan Anggota DPD dan DPRD, Senin (10/7/2023) di Hotel ZHM Premiere Padang. (foto.dok/ald)

PADANG, mimbarsumbar.id — Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Alni, SH, M.Kn, menegaskan bahwa Bawaslu RI tetap memprioritaskan hak-hak para anggota Bawaslu, meski hanya sebulan lagi akan berakhir masa jabatannya.
“Karena itu, kita mengambil sisi positifnya. Meski hanya sebulan lagi masa jabatannya, tapi kita tetap memaksimalkan tugas-tugas anggota Bawaslu terkait pengawasan,” ujar Alni, saat membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Pencalonan Anggota DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten kota pada Pemilu 2024, Senin (10/7/2023) di ZHM Premiere Hotel Padang.
Tugas-tugas pengawasan ini, lanjut Alni, sangat menentukan keberadaan seseorang yang menjadi calon. Karena Bawaslu, dalam tahapan perbaikan berkas pencalonan yang telah berakhir, Minggu (9/7/2023), selalu siap melakukan tugas pengawasan.
“Namun di masa perbaikan ini, kita di Bawaslu hanya bisa melihat keabsahan dokumen dari silon saja. Karena itu, di masa verifikasi nantinya kita bisa melihat lebih jelas terkait kelengkapan dokumen yang diaerahkan calon DPD dan parpol,” ungkap Alni dalam rakor yang juga dihadiri semua anggota Bawaslu Sumbar, yakni Nurhaida Yetti, SH, MH (Kordiv Hukum dan Sengketa), Elly Yanti, SH, (Kordiv Penanganan Pelanggaran), Benny Aziz, SE, (Kordiv SDM, Organisasi dan Diklat) dan Muhammad Khadafi, S.Kom (Kordiv Pencegahan, Parmas dan Hubmas) serta Kepala Sekretariat Karnalis Kamaruddin, SH, M.Si.
Dilanjutkan Alni, dalam proses verifikasi administrasi dengan waktu yang cukup panjang ini, maka tidak ada lagi perbaikan di atas perbaikan. Verifikasi administrasi perbaikan dokumen ini, harus dilakukan pengawasan dengan baik, sekaligus memastikan Bawaslu dan KPU selaku penyelenggara teknis Pemilu memiliki pemahaman yang sama terhadap aturan yang ada.
“Dalam masa perbaikan administrasi ini, kawan kawan Bawaslu kabupaten dan kota perlu mencatat terkait dokumen-dokumen yang masih TMS, termasuk soal keterwakilan perempuan. Jadi, substansi dari proses pengawasan itu harus dijalankan dengan baik, mana statusnya sudah MS dan mana yang masih TMS. Jadi kita selaku pengawas, jangan lengah dalam proses ini,,” tegas Alni.
Karena itu, Alni berharap seluruh anggota Bawaslu di semua kabupaten dan kota di Sumbar, memanfaatkan rakor ini dalam mereview kembali berbagai mekanisme dan aturan sekaligus menyamakan pemahaman dan penyelenggara.
“Nantinya, kita juga akan memgundang kabupaten dan kota dalam hal proses penanganan pelanggaran dan bagaimana pengajuannya sehingga proses proses sengketa ini bisa terselesaikan sesuai harapan bersama.
“Nah, bila ada proses penyelesaian sengketa, maka perlu diefektifkan proses mediasi yang disediakan,” ucap Alni.
Sebelumnya, Benny Aziz, SE, (Kordiv SDM, Organisasi dan Diklat), menyampaikan bahwa sejumlah anggota Bawaslu di kabupaten kota, saat ini juga banyak yang tengah mengikuti seleksi untuk periode berikutnya. Meski begitu, tugas tugas pengawasan harus tetap berjalan sesuai tahapan yang sedang berjalan.
“Karena itu kita berharap ada suporting dan pembagian tugas serta kerjasama yang baik dari kepala dan staf sekretariat agar tugas pengawasan dapat berjalan dengan baik,” ujar Benny Aziz.
Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin, SH, M.Si, dalam laporannya menyampaikan bahwa rakor ini dilaksanakan berdaaarkan PKPU No 11/2023 dan PKPU No. 10 /2023. Karena itu, sesuai tahapan Pemilu 2024 yang sedang berjalan, maka jajaran Bawaslu di Kabupaten dan Kota perlu diberi pemahaman terkait pengawasan yang akan dilakukan.
“Saat ini sedang berjalan tahapan perbaikan dokumen calon DPD RI dan bacalon anggota DPRD provinsi dan kabupaten kota. Karena itu, jajaran Bawaslu Kabupaten Kota perlu memahami regulasi yang ada,” ujar Karnalis dalam rakor yang diikuti kepala sekretariat dan anggota Bawaslu seluruh Kabupaten dan Kota di Sumbar. (ms/ald)