Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Wabup Richi Minta OPD Tindaklanjuti Arahan Mendagri

Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 bersama Mendagri Tito Karnavian secara virtual, Senin (27/3/2023) di aula Eksekutif kantor Bupati. (foto.dok/john denis)

Batusangkar, mimbarsumbar.id – Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara virtual, Senin (27/3/2023) di aula Eksekutif kantor Bupati.

Dalam arahannya Mendagri Tirto mengingatkan Kabupaten dan Kota untuk menyiasati ketersediaan beberapa komoditi pokok yang menjadi pemicu inflasi.

“Dari paparan BPS, Kementan dan beberapa kementerian lainnya, ketersediaan pangan terutama bahan pokok mencukupi, namun ada beberapa komoditi seperti Cabe merah, beras dan daging ayam patut diwaspadai agar jangan terjadi kelangkaan dan memicu inflasi,” sampainya.

Sementara itu selepas Rakor, Wabup Richi Aprian berharap kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menindaklanjuti arahan dari Mendagri.

“Dari arahan pak Menteri, kita di daerah untuk mendata kondisi ril di lapangan tentang kondisi komoditas yang surplus ataupun terjadi kekurangan,” sampainya.

Dikatakan Richi, selepas memperoleh data yang akurat maka akan dapat dilakukan langkah-langkah selanjutnya terhadap berbagai komoditi yang dihasilkan oleh para petani di Tanah Datar.

“Sekiranya minus harus ada langkah mengatasinya, dan sebaliknya jika surplus tentunya kerjasama dengan beberapa daerah lain untuk memasarkan produk hasil pertanian petani kita harus dimaksimalkan,” tukasnya. (ms/john)