Rektor Unand Lepas Jenazah Prof Etty Farda Husin ke Peristirahatan Terakhir

Rektor Unand diwakili Wakil Rektor I Unand Prof Mansurdin melepas jenazah Prof. Etty Farda Husin menuju peristirahatan terakhir usai di salatkan di Masjid Baitul Salam Komplek Perumahan Dosen Unand, Ulu Gadut, Selasa (9/8/2022). (foto.dok/ald)
Rektor Unand diwakili Wakil Rektor I Unand Prof Mansurdin melepas jenazah Prof. Etty Farda Husin menuju peristirahatan terakhir usai di salatkan di Masjid Baitul Salam Komplek Perumahan Dosen Unand, Ulu Gadut, Selasa (9/8/2022). (foto.dok/ald)

Padang, mimbarsumbar.id — Rektor Unand diwakili Wakil Rektor I Unand Prof Mansurdin, MS, melepas jenazah Guru Besar Unand, Prof. Dr. Ir. Eti Farda Husin, MS (69), usai disalatkan di Masjid Baitul Salam, Komplek Unand Blok D, Selasa (9/8/2022). Almarhumah di makamkan di Pandam Kuburan Bukan Umum (PKBU) Unand Ulu Gadut.

Prof Mansurdin menyebutkan, kontribusi Prof Etty Farda Husin kepada Unand sangat besar, sejak Almarhumah menyelesaikan S1 hingga meraih gelar Doktor di Universitas Padjadjaran. Sejak itu Almarhumah mengabdi secara penuh di Fakultas Pertanian Unand.

Komitmen Prof Eti Farda Husin kepada disiplin Ilmu Tanah sangat tinggi, dengan banyaknya agenda penelitian, pengajaran dan pengabdian ilmu kepada masyarakat. “Beliau salah seorang putra terbaik Unand  Hasil-hasil penelitian yang dilakukan almarhumah sangat bermanfaat dan dirasakan hasilnya oleh Unand dan masyarakat,” kata Prof Mansurdin.

Baca Juga:  HM Tauhid Nilai Ada Unsur Nepotisme, Gubernur Lantik Adik Kandung dan Besan Jadi Pjs Bupati

Karena begitu tingginya pengabdian Prof Etty Farda Husin kepada Unand dan masyarakat, menurut Prof Mansurdin, Unand merasa sangat kehilangan dengan meninggalnya Prof Etty Farda Husin, sosoknya menjadi panutan dari dosen-dosen muda. Diharapkan kedepannya akan lahir penerus Prof Etty Farda Husin yang baru dalam bidang Ilmu Tanah ini.

Hadir dalam melepas Almarhumah Prof Eti Farda Husin di Mesjid Baitus Salam ini Wakil Wali Amanat Unand Prof Werry Darta Taifur, Dekan Fakultas Pertanian, Prof Hermansyah, dari keluarga besar Almarhumah diwakili Dr. Ir. Basril Basyar, MM., Ketua Forum Desa Wisata Sumbar Mak Etek Zuhrizul, Sekretaris SMSI Sumbar Gusfen Khairul, Anggota DPRD Kota Padang Edmon, Komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi, Ketua Forum Wartawan Parlemen Sumbar Novrianto, SP., sejumlah dosen Unand, dan tokoh masyarakat Ulu Gadut.

Baca Juga:  Kasus Korupsi KONI Kota Padang, Abien Sebut Dugaan Keterlibatan Mahyeldi

Jenazah Prof Etty Farda Husin dimakamkan di Pemakaman Khusus Unand di kawasan Ulu Gadut. Selain kerabat dan keluarga, Civitas Akademika Unand juga ikut mengantar almarhumah sampai ke peristirahatan terakhir.

Kepakaran Eti Farda Husin di bidang Ilmu Tanah memang sudah malang melintang dan termasuk dosen senior di bidang ini. Penelitiannya antara lain “Reklamasi Lahan Melalui Aplikasi Mikoriza dan Pupuk Organik” terkenal dan banyak dipakai secara nasional.

Prof Etty Farda Husin lahir di Bandung pada 28 Agustus 1953. Ia menyelesaikan S1 di Fakultas Pertanian Unand, sedangkan S2 dan S3 diselesaikannya di Universitas Padjadjaran Bandung.

Prof Etty Farda Husin, guru besar Unand dengan pangkat kepegawaian IV-e ini meninggalkan empat orang anak, yaitu Mona Sisca, Edo Ricardo, Nickoriza Ramadhan dan Yolla Costarika. Keempatnya adalah buah dari perkawinannya dengan Risman (Alm). Selamat jalan Profesor! (Ms/ald)

banner 300x250