Rektor UNP: Pemenang MEA Ke-2 Diapresiasi Wapres Jusuf Kalla

Rektor UNP Prof. Ganefri saat menggelar jumpa pers, Senin (2/9/19). foto.dok

PADANG, Mimbar — Pemenang Minang Entrepreneurship Award (MEA) II tahun 2018/2019, Selasa (3/8) akan bersalaman dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP). Dengan total hadiah sebesar Rp300 juta, Wapres JK menyerahkan hadiah MEA II kepada para pemenang

“Selasa besok kami umumkan. Pak Wapres dijadwalkan akan hadir untuk menyerahkan hadiah kepada para pemenang I, II dan III,” kata Rektor UNP Prof. Drs. Ganefri, M.Pd., Ph.D didampingi Ketua Pelaksana, Abrinaldi kepada wartawan saat jumpa pers persiapan pengumuman pemenang MEA II, di ruang rapat Rektor UNP, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Dijelaskannya, program MEA ini lahir atas inisiatif dan kesadaran kolektif dari Perguruan Tinggi Sumbar yang terdiri dari UNP, Universitas Andalas dan peguruan tinggi di bawah LLDikti Wilayah X.MEA merupakan kegiatan kompetensi berwirausaha yang bertujuan untuk mendorong para mahasiswa di Perguruan Tinggi untuk berani memulai dan memupuk jiwa wirausaha.

Melalui pengembangan karakter, pengetahuan, keterampilan serta pemanfaatan hasil riset dan teknologi di Perguruan Tinggi, mahasiswa diharapkan dapat menjadi wirausaha yang kreatif dan innovatif, sehingga dapat membuka banyak lapangan kerja di Indonesia.

Baca Juga:  IKA Unand Kirim Rendang ke Mentawai

“Program MEA dibagi atas dua kategori kegiatawan wirausaha, yaitu star-up bisnis bagi yang baru mengembangkan ide/konsep/prototip usaha, dan eksisting-bisnis bagi mahasiswa yang sudah punya aktivitas usaha yang dibuktikan dengan adanya pendapatan (cash flow) badan usaha,” ujarnya.

MEA ini sudah berlangsung sejak 2017 lalu. Pada tahun itu, sebanyak 6 PTN dan 13 PRS di Sumbar telah menjaring 216 proposal bisnis dengan rincian, proposal star-up bisnis sebanyak 99 proposal dan eksisting-bisnis sebanyak 45 proposal. Melalui desk-evaluasi, 36 usulan star-up dan 12 eksisting-bisnis dinilai dan diundang untuk presentasi.

Kemudian untuk MEA II, kompetisi berwirausaha itu tidak hanya diikuti oleh PTN dan PTS di Sumbar, tapi juga di Riau, Jambi dan Keperi. Bahkan jumlah perguruan tinggi yang megikuti MEA II ini mencapai 37 dengan jumlah proposal sebanyak 259. “Dari jumlah tersebut, sebanyak 46 eksisting-bisnis dan 160mproposal star-ip bisnis kami lakukan desk-evaluasi,” bebernya.

Baca Juga:  Wapres JK : Budaya Minang Ditopang Surau, Sekolah dan Pasar

“Secara kuantitas dan kualitas, kegiatan MEA II ini meningkat dari MEA I. Bahkan, peningkatannya hampir dua kali lipat. Dan tentunya, kenyataan ini menunjukkan perluasan cakupan dan keterlibatan 4 propinsi di LLDikti Wilayah X telah meningkatkan semangat mahasiswa untuk memulai kegiatan wirausaha,” imbuhnya.

Untuk ke depannya, tambah Ganefri, kegiatan MEA ini akan tetap dilanjutkan secara berkala. Untuk program MEA ke III, akan direncanakan pada 2020/2021 dan untuk jumlah pesertanya, akan diperluas dengan mengikut sertakan seluruh Perguruan Tinggi se-Sumatera.

“MEA ini juga didukung penuh oleh Wapres Jusuf Kalla, dan dukungan itu diberikan, karena beliau pernah menyampaikan sprit yaitu, “tidak ada negara maju di dunia ii karena pegawai, suatu negara maju jika banyak pengusaha yang kreatif dan innovatif,” pungkas Ganefri.

Dalam kunjungan Wapres JK ke UNP yang ketiga kali ini, dikatakan Prof Ganefri, sekaligus juga peresmian Asrama Mahasiswa UNP dan Unand yang dipusatkan di Asrama Mahasiswa di kawasan Sekolah Labor UNP. (ms/rls/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *