Rektor UNP: Prof. Irwan Prayitno Aset Sumbar yang Langka Dengan Prestasi Luar Biasa


Padang, Mimbar — Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri mengukuhkan Prof. Dr. Irwan Prayitno, M.Si, Psikologi, sebagai Dosen Luar Biasa dalam bidang Pengebangan Sumber Daya Manusia di Fakultas Ilmu Pendidikan.
Acara pengukuhan yang berlangsung dalam Rapat Senat Terbuka yang dipimpin Ketua Senat Prof. Sufyarma Marsidin, di auditorium UNP, Senin (15/2/2021). Acara pengukuhan juga berlangsung secara daring, dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.
Rektor UNP Prof. Ganefri dalam sambutannya mengatakan bahwa Jurusan Psikologi FIP cukup populer di UNP, terbukti peminatnya masuk dalam 10 besar dari 107 jurusan di UNP.
Terkhusus untuk Prof. Irwan Prayitno termasuk aset Sumbar yang langka. Prestasinya luar biasa. Penetapan guru besarnya berlangsung tahun 2008 di Universitas Muhammadyah Jakarta dan termasuk guru besar termuda saat itu.
“Kalau kita simak orasi ilmiah Pak Prof. Irwan Prayitno, dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa S3 UNP dalam studinya,” ujar Prof. Ganefri.
Khusus untuk UNP, lanjut Rektor Prof. Ganefri, banyak sekali kontribusi dan dukungan Prof. Irwan Prayitno dalam program pengembangan pendidilan. Tidak saja hibah tanah tanah untuk UNP saat Prof. Irwan Prayitno menjabat sebagai Gubernur Sumbar, tapi juga pemanfaatan monumen PDRI untuk jurusan ilmu Sejarah untuk penelitian.
“Semoga ilmu yang dimiliki Pak Prof. Irwan Prayitno bermanfaat untuk UNP khususnya, dan Sumatera Barat umumnya,” ungkap Prof. Ganefri.
Pengangkatan Prof. Irwan Prayitno sebagai Dosen Luar Biasa UNP, berdasarkann Surat Keputusan Ketua Senat UNP, tgl 21 Januari 2021 tentang Pengangkatan dosen luar biasa pada jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan.
Prof. Dr. Irwan Prayitno, M.Si, Psi. yang meraih gelar doktor pada tahun 2003 lalu, dalam orasi Ilmiahnya yang berjudul “Strategi Pembelajaran Dengan Pendekatan Psikologi dan Hati Nurani (Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19)” memaparkan bahwa pembelajaran adalah sebuah proses berpindahnya ilmu kepada anak didik. Satu kunci pembelajaran, terjadinya perubahan pada diri manusia. Karena itu, peran orang tua sangat penting dan sangat menentukan kesuksesan anaknya dalam mengikuti proses pembelajaran.
“Bagi orang tua, jelas menginginkan anaknya mendapat pendidikan terbaik. Karena itu, orang tua berusaha mencari sekolah terbaik. Lalu, sekolah dalam upayanya memberikan yang terbaik pada orang tua dan murid, mencari guru yang ideal,” papar Prof. Irwan Prayitno, suami dari Anggota Fraksi PKS DPR RI, Hj. Nevi Zuairina. (ms/ald)

Baca Juga:  Hardiknas 2020, Lisda Hendrajoni: Saatnya Guru Menguasai Inovasi Pendidikan 4.0

 

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.