Resmi Dideklarasikan, Pengamat Politik Yakin Partai Ummat Mampu Tembus Empat Besar di Sumbar


Padang, Mimbar — Mengawali langkah konstitusionalnya, Partai Ummat resmi dideklarasikanoleh Ketua Majelis Syuro Partai Umat Prof.Dr. H. M. Amien Rais, didampingi Sekretaris Ansufri Idrus Sambo, secara virtual pada Kamis, 29 April 2021, bertepatan dengan 17 Ramadhan 1142 Hijriyah. Juga hadir ketua umum DPP. Partai Umat, Dr. Rdho Ramahdi dan penggurus lainya.
Di Sumbar, deklarasi yang diikuti dari kediaman Ketua DPW Partai Ummat Sumbar, Taslim Chaniago didampingi jajaran pengurus lainnya. Terlihat sejumlah pentolan partai lain yang telah menyatakan kesiapannya untuk membesarkan Partai Ummat di Sumbar.
Melihat respon positif sejumlah tokoh politik dan mantan petinggi partai terhadap Partai Ummat, pengamat politik nasional, Yosmeri Yusuf berkeyakinan Partai Ummat di Sumbar, akan berhasil meraup suara empat besar di Sumbar.
“Ini predikai yang sangat rasional. Sumbar adalah basis Muhammadyah, sama dengan Jogya dan Aceh. Dengan dewan Syuro Bapak Amien Rais, jelas partai ini lebih diterima masyarakat. Apalagi pergerakan partai ini sama dengan Muhammadyah,” ungkap Yosmeri pada media usai deklarasi virtual yang dirangkai dengan syukuran berbuka bersama.
Satu hal lagi yang membuka peluang partai ini akan mengembosi suara partai lain, khususnya di Sumbar lanjut Yosmeri, bergabungnya sejumlah tokoh politik, mantan anggota DPRD dan mantan petinggi partai lain di jajaran kepengurusan DPW Partai Ummat Sumbar.
“Meski belum diumumkan secara resmi, tapi saya melihat di jajaran kepengurusan DPW Partai Ummat Sumbar, ada Apris yang mantan Ketua Nasdem Sumbar dan telah beberapa periode terpilih menjadi anggota DPRD, baik tingkat provinsi maupun Kota Padang. Ada HM Tauhid, mantan Ketua Partai Hanura dan terakhir sukses meloloskan verifikasi faktual Partai Perindo di Sumbar. Juga ada Sabrana, mantan anggota DPRD Sumbar dari Gerindra, serta sejumlah tokoh politik yang sudah malang melintang di dunia kepartaian dan legislatif baik tingkat kota kabupaten maupun provinsi. Tokoh tokoh ini jelas sudah punya basis suara tersendiri yang nantinya akan diarahkan ke Partai Ummat. Belum lagi sosollk Pak Amien sendiri yang sudah tidak asing bagi masyarakat Sumbar,” papar Yosmeri panjang lebar.
Walau di sisi lain Yosmeri mengakui perjalanan Partai Ummat masih akan melalui perjuangan panjang, karena harus melewati tahapan verifikasi hingga pengesahan Kemenkum HAM sebagai partai peserta Pemilu 2024, namun setidaknya, persiapan menuju pemenuhan syarat pendirian sebuah partai, telah dilakukan secara maksimal.
“Dan saya amati, kepengurusan yang telah terbentuk saat ini justru telah melebihi syarat yang ditetapkan. Ini tentu sangat luar biasa. Dan saya yakini juga, DPP Partai Ummat tentu juga telah memikirkan berbagai opsi agar partai ini lolos jadi peserta Pemilu 2024,” terang Yosmeri.
Sementara itu, Ketua DPW Partai Ummat Sumbar, Taslim Chaniago juga optimis partai ini bisa lolos sebagai peserta pemilu. Karena, khusus di Sumbar, kepengurusan telah terbentuk di semua kabupaten dan kota serta melebihi persyaratan untuk kepengurusan kecamatan.
“Kita akan terus bergerak dan selalu membuka diri untuk tokoh-tokoh Sumbar yang ingin berjuang memperbaiki nasib bangsa ini bersama Partai Ummat,” ucap Taslim yang masih enggan bicara target suara di Pemilu 2024, karena saat ini masih fokus pada pengembangan partai khususnya di tingkat kecamatan.
Sebelumnya Ketua Dewan Syuro DR. Amien Rais memyampaikan, Partai Umat dipersatukan dalam ikatan keummatan berjuang bersama membangun kedaulatan ummat untuk melahirkan kehidupan berbangsa bernegara “Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofur”.
“Partai Ummat hadir dalam bingkai NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dan, Partai Umat siap berjuang bersama sahabat Partai Ummat di seluruh pelosok Indonesia,” tegas mantan Ketua Umum DPP Muhammadyah ini. (ms/ald)

Baca Juga:  Sudah Punya Loyalis Teruji, Fakhrizal-Genius Berpeluang Rebut 'Hati' Koalisi Empat Parpol

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.