Sekdako Bukittinggi Martias Wanto Raih Gelar Doktor Kehormatan UIPM Malaysia

Sekdako Bukittinggi Martias Wanto saat menerima Anugerah Doktor Kehormatan dari UIPM Malaysia di Hotel Balairung Jakarta pada Senin (13/11/2023) malam. (foto/dok)

JAKARTA, mimbarsumbar.id — Sekretaris Daerah Kota (Sekdako)  Bukittinggi, Drs. Martias Wanto, MM menerima anugerah gelar Doktor Kehormatan dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Malaysia, dalam bidang In Human Resource Management.

Penghargaan prestisius tersebut diserahkan oleh Rektor UIPM Malaysia, Prof. Dr. Mohammad Soleh Ridwan, LLM, Phd, di Hotel Balairung Jakarta pada Senin (13/11/2023) malam.

Universal Institute of Professional Management (UIPM) Malaysia menilai Martias Wanto memiliki komitmen dan pemahaman terhadap pengembangan sumber daya manusia dalam bidang pemerintahan.

Dalam orasi ilmiahnya, Pejabat karir kelahiran 1 Maret 1966 yang sudah malang melintang di dunia birokrasi ini, menyampaikan pidato mengenai revolusi pelayanan yang menuntut peningkatan kualitas aparatur dengan penyesuaian dengan karakteristik daerah.

Pada kesempatan ini Martias Wanto sekaligus mengucapkan terimakasih kepada UIPM Malaysia, yang memberikan apresiasi kepada rekam jejak kinerjanya dalam pengelolaan SDM di berbagai tempat penugasan.

“Tentu saya, dan juga keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada UIPM atas gelar doktor kehormatan yang diberikan. Walaupun sejatinya dalam bekerja, memimpin dan mengelola personil, saya tidak pernah berharap akan mendapatkan gelar doktor kehormatan seperti ini. Tetapi tetap sebuah kehormatan dan kebahagiaan tersendiri, ketika usaha yang sudah dilakukan mendapatkan apresiasi,” ujarnya.

Di dunia birokrasi Sumatera Barat sendiri, Martias Wanto sejatinya bukan nama asing. Alumni APDN Bukittinggi ini sudah memiliki rekam jejak karir puluhan tahun, dan menjadi salah satu dari sedikit birokrat yang pernah menjabat sebagai Sekda di dua daerah yang berbeda.

Sebagai Sekda, kehandalan Martias Wanto dalam mengelola Sumber Daya Manusia yang dimiliki pernah membawa Kabupaten Agam ke puncak masa penuh prestasi, dan saat ini hal yang sama tengah coba dilakukan di Bukittinggi.

Turut hadir dalam penganugerahan gelar Doktor Kehormatan UIPM Malaysia ini Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, serta keluarga dan kerabat dari Martias Wanto Dt. Maruhun. (ms/*/ald)