Semua Balon Kepala Daerah dan Wakilnya Wajib Tes Kesehatan dan Bebas Narkoba

PADANG, MIMBAR — Selesai tahapan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), maka sesuai dengan tahapan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Pilkawa 2020, maka semua bakal calon kepala daerah (Bakacada), baik gubernur, bupati dan walikota, maupun wakilnya, wajib mengikuti tahapan selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan, baik fisik maupun mental serta bebas narkoba.

“Kita akan terus melaksanakan semua tahapan sesuai aturan berlaku, khususnya kesehatan para Cakada semua biayanya ditanggung negara,” ulas Jumiati, Kasubag Teknia dan Hupmas KPU Sumbar kepada media di sela -sela pemeriksan kesehatan bacakada, Selasa (8/9/2020) di RS M. Djamil Padang.

Baca Juga:  Mulyadi: Masyarakat Sumbar Harus Kenali Calon Pemimpinnya Sebelum Tentukan Pilihan

Setelah pemeriksaan kesehatan, lanjut Jumiati, pada 23 September 2020 mendatang, sesuai ketentuan yang ada, akan dilakukan penetapan, untuk selanjutnya pencabutan nomor urut pasangan sehari kemudian.

Hal yang disampaikan Jumiati, sesuai dengan keterangan komisioner KPU Sumbar Izwaryani, dimana tahapan pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, penetapan serta pencabutan nomor urut, dilakukan pada bulan September 2020, sementara tahapan kampanye pada bulan November sampai 4 hari menjelang pemilihan yakni Desember 2020.

“Setelah pemeriksaan kesehatan, nanti KPU Sumbar akan melanjutkan dengan penetapan dan pencabutan nomor urut, yang semuanya tetap mengacu pada protokoler kesehatan, dengan membatasi jumlah orang, serta wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tegas Izwaryani yang kerap dipanggil Adiak.

Baca Juga:  Setorkan Zakat ke Baznas Agam, Ketua UPZ PT. Mutiara Agam: Zakat Tersebut Dari 130 Muzakki

Dia juga menegaskan, KPU akan melakukan ketegasan dalam melaksanakan tahapan mengacu pada protokoler kesehatan covid, agar tidak cluster baru disaat pesta demokrasi.

“Jadi mohon maaf, pada tahapan berikutnya kami akan lebih tegas, agar tidak ada cluster baru, dan kita semua terselamatkan dari wabah covid-19,” tegasnya mengakhiri.(ms/cok)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.