Sungai Terpanjang di Benua Amerika

Sungai terpanjang di benua Amerika adalah sungai Amazon yang terletak di Amerika Selatan dengan memiliki panjang aliran sungai sekitar 7.200 km. Sungai Amazon juga merupakan sungai terpanjang di dunia, lebih panjang dari Sungai Nil yang alirannya sepanjang 6.650 km. Beberapa negara di Amerika Selatan dialiri oleh sungai Amazon antara lain Brazil, Peru, Ekuador, Kolombia dan Bolivia. Hulu dari sungai Amazon berasal dari dataran tinggi Andes dekat dengan Samudra Pasifik hingga bermuara atau berakhir pada Samudra Atlantik di khatulistiwa.

Sungai terpanjang di benua Amerika

Jumlah air tawar yang dilepas sungai terpanjang di benua amerika ini ke Samudra Atlantik sangat besar: 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³) di musim hujan. Aliran sungai Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Air di laut dekat sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.

Baca Juga:  Prof Maxwell Briggs Kuliah Umum di UNP

Karakteristik dari sungai terpanjang dibenua amerika ini adalah berada di pedalaman Hutan Amazon dengan aliran sungai yang berliku – liku serta menjadi habitat dari beberapa hewan endemik seperti ikan piranha yang terkenal dengan ikan terganas di dunia. Selain ikan piranha terdapat pula jenis ikan lain seperti Arapaima atau Piracuru yang termasuk ikan air tawar terbesar di dunia, memiliki bobot sekitar 200 kilogram dengan panjang tubuh mencapai 3 meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *