Sutan Riska Membawa Dharmasraya ke Pentas Nasional

Catatan : Budi Waluyo

Melalui Munas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia APKASI Jumat 26/3/21, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE terpilih secara meyakinkan menjadi ketua umum. Anak muda dengan karier politik cemerlang itu bakal memikul tanggungjawab dalam organisasi yang menjadi mitra strategis pemerintah ini selama lima tahun ke depan.

Bagi Sutan Riska secara pribadi, ini merupakan akselerasi menuju pentas nasional. APKASI akan menjadi panggung baru bagi karier politik sosok bapak berputra dua itu dalam mempertebal pengabdian kepada bangsa dan negara, sekaligus menjadi anak tangga bagi perjalanan politiknya menuju ke puncak kekuasaan.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa posisi jabatan ketua umum APKASI memiliki dampak politik bagi pemegangnya. Dia bukan cuma menjadi mitra pemerintah semata, namun dapat menjadi sebuah kekuatan untuk menajamkan perjuangan bagi kepentingan masyarakat luas.

Tentu, kondisi tersebut, selain menjadi tantangan bagi kapasitas Sutan Riska dalam melangkah menuju pentas nasional, juga sekaligus menjadi peluang bagi Kabupaten Dharmasraya dalam memperjuangkan kepentingan strategisnya guna mempercepat capaian cita cita pembangunan.

Baca Juga:  KPU Dharmasraya Tetapkan DPT Pilkada 145.383 Pemilih

Belakangan, hampir semua daerah dihadapkan pada kesulitan anggaran akibat pandemi covid 19 yang mendera negeri. Pemerintah kabupaten kota dihadapkan pada upaya untuk bisa segera keluar dari krisis pandemi yang sudah berlangsung setahun ini. Akibatnya, sejumlah sektor yang menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten menghadapi kekurangan anggaran.

Diluar upaya menggenjot pendapatan asli daerah, para kepala daerah harus memutar strategi dan berlomba mencari peluang dana pembangunan dari luar kekuasaannya. Mereka harus berpandai pandai ke pemerintah provinsi dan pusat untuk dapat mengalirkan kue pembangunan ke kabupaten.

Jalan Sutan Riska dalam posisi Ketua Unum APKASI tentu akan semakin lempang dan laju untuk menarik perhatian pemerintah pusat agar lebih besar lagi mengucurkan anggaran buat pembanguan Dharmasraya. Dipundak bupati muda enerjik, rakyat Kabupaten Dharmasraya menumpangkan harapan kepada Ketua Umum APKASI yang baru ini.

Selain menumpangkan harapan untuk mengalirkan anggaran ke daerah rakyat Dharmasraya juga menumpangkan harapan agar bagaimana Kabupaten Dharmasraya bisa lebih dikenal di pentas nasional. Kabupaten Dharmasraya dengan berbagai potensi ekonomi di dalamnya, apabila bisa lebih dikenal luas secara nasional, akan bisa membantu mendatangkan arus modal dan investasi. Modal dan investasi saat ini sangat dibutuhkan bagi pengembangan Dharmasraya terutama dalam meningkatkan hasil bumi, menyediakan lapangan kerja dan juga memperbesar pendapatan masyarakat.

Baca Juga:  Bupati Sutan Riska Dorong Generasi Muda Dharmasraya jadi Prajurit TNI

Bendera Dharmasraya yang makin berkibar dalam pentas nasional, diharapkan juga bisa menjadi sarana bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana saat ini ribuan pemuda Dharmasraya tengah membutuhkan hal itu untuk menapaki kehidupan memasuki era industri four point zero.

Tentu dampak positif, terpilihnya Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE sebagai Ketua Umum APKASI bukan cuma itu saja. Masih banyak hal yang positif yang bisa menguntungkan bagi pembangunan dan perkembangan peradaban bagi rakyat dan Kabupaten Dharmasraya. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan kekuatan bagi putra seorang walinagari yang menasional ini sehingga bisa mengemban amanah dengan paripurna.***

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.