Terpilih Lagi ke DPR RI, Hj Nevi Zuairina: Buah Manis Sering Kunjungi Konstituen

Hj. Nevi Zuairina, Anggota Fraksi PKS DPR RI. (foto/dok)

PADANG, mimbarsumbar.id — Tak pernah lelah mengunjungi konstituen meski di pelosok terpencil, menghasilkan buah manis bagi Hj. Nevi Zuairina dalam Pemilu 2024 lalu. Hj. Nevi kembali terpilih menjadi anggota DPR RI untuk periode keduanya. Saat ini tengah menunggu pengambilan sumpah dan janji sebagai wakil rakyat periode 2014-2029.

Terlepas gimana parahnya Pemilu 2024, Caleg Petahana PKS Daerah Pemilih Sumatra Barat (Dapil Sumbar) 2 Hj Nevi Zuairina menegaskan bahwa inilah hasil kerja Dapil selama ini.

“Alhamdulillah setiap Minggu ke Dapil, setiap aspirasi Dapil disuarakan di DPR RI, masyarakat pemilih tahu siapa wakil rakyat yang mereka pilih di Pemilu 2024, terima kasih seluruh kader, konstituen dan simpatisan PKS di Dapil Sumbar 2,” ujar Hj Nevi saat bincang jelang buka puasa bersama wartawan di Padang, Jumat 29/3-2024.

Menurut Hj Nevi Zuairina fungsi dan peran wakil rakyat itu, 5 tahun harus berefek aspirasi. Jangan terjebak karena keinginan sesaat, rugi rakyat jika menukar suaranya dengan sejumlah uang.
“Apalagi sudah diatur oleh UU, money politics melanggar UU dan ajaran agama Islam,” ujar Hj Nevi.

Sehingga itu, Hj Nevi Zuairina begitu usai penghitungan suara internal PKS, sudah membuat poin-poin evaluasi tentang pelaksanaan pesta demokrasi, satu di antaranya adalah Pemilu Sistem Tertutup.

“Karena apa, jual beli suara jelang hari pencoblosan adalah bentuk pembodohan terhadap Masyarakat kita, yang akhirnya Indonesia tidak akan pernah maju. Tugas kami di PKS sesuai perintah Dewan Syuro dan Ketua Umum jelas, yaitu mencerdaskan masyarakat, bahwa ketika mereka memilih PKS, maka kami berkewajiban membantu dan melayani Masyarakat,” ujar Hj Nevi Zuairina.

Bantu pemilih itu menurut Hj Nevi, Caleg PKS terpilih durasinya harus lima tahun.

“Caranya bantu rakyat dan efektif adalah mendatangi langsung konstituen, mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi mereka, sejauh yang bisa kami lakukan. Dalam hal keterbatasan, saya hanya bisa melayani Masyarakat yang jelas-jelas menitipkan suaranya kepada saya dan PKS,” ujar Hj Nevi Zuairina.

Tapi, kata Hj Nevi Zuairina, di Dapil Sumbar 2, PKS masih dapat 1 kursi DPR RI, padahal semua Caleg PKS all out dengan ide dan gagasan.

“1 kursi dibandingkan 2 kursi beda, tentu aspirasi yang bisa diperjuangkan juga terbatas. Semoga bisa dimaksimalkan untuk kebaikan Masyarakat, khususnya di Dapil Sumbar 2,” pungkasnya.  (ms/*/ald)